HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN DI KELURAHAN WONOLOPO KECAMATAN MIJEN SEMARANG


Fitria Agustina Wahyuningtyas , 1401412360 (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN DI KELURAHAN WONOLOPO KECAMATAN MIJEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412360.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (306kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang dilakukan dalam mentransfer atau mengalihkan nilai-nilai pandangan hidup, visi, misi, kepercayaan, kebudayaan dan berbagai simbol yang digunakan dalam mengekspresikan pengetahuan dan teknologi kepada generasi muda sehingga komunikasi sosial antara generasi tua dan generasi muda dapat berjalan dengan lancar. (Martini Jamaris, 2012:2). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas V SDN di Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Semarang, mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN di Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Semarang, dan menguji hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN di Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jumlah populasi 99 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh..Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode angket, tes, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif , teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas V SDN di Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Semarang dalam kategori tinggi.Hasil belajar IPS siswa dalam kategori tuntas terlihat dari nilai evaluasi IPS.Berdasarkan perhitungan diperoleh terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,618 dan koefisien determinasi sebesar 38,2%. Berdasarkan penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Semarang. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat mengarahkan siswa bahwa pentingnya memiliki motivasi dalam belajar, guru juga dapat memahami motivasi belajar siswanya, serta penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian yang sama tetapi subyek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, hasil belajar, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:13
Last Modified: 10 May 2019 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28494

Actions (login required)

View Item View Item