HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA PGSD NGALIYAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


PRASETYA CHANDRA SUGIHARTA , 1401412359 (2016) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA PGSD NGALIYAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412359.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (337kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa Jurusan PGSD Ngaliyan Universitas Negeri Semarang dituntut untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum, selain keahlian mengungkapkan pikirannya secara tertulis. Kemampuan mengungkapkan pikiran secara lisan memerlukan kemampuan penguasaan bahasa yang baik agar mudah dimengerti oleh orang lain dan membutuhkan pembawaan diri yang tepat. Akan tetapi, mahasiswa seringkali merasa cemas dan kurang percaya diri dalam mengungkapkan pikirannya secara lisan, baik pada saat diskusi kelompok, saat mengajukan pertanyaan pada dosen, ataupun ketika harus berbicara di depan kelas saat mempresentasikan tugas.Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa PGSD Ngaliyan Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu kepercayaan diri sebagai variabel bebas dan kecemasan berbicara di depan umum sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan jumlah sampel 133 mahasiswa. Penelitian sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster sample. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD Ngaliyan Angkatan 2014 Universitas Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan, angket. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah statistik deskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data, dapat dikatakan bahwa mahasiswa Angkatan 2014 jurusan PGSD Ngaliyan Universitas Negeri Semarang memiliki tingkat kepercayaan diri dalam kategori baik 78% dengan rata-rata skor 119,7368 dan kecemasan berbicara di depan umum dalam kategori tinggi, dalam kategori tinggi 72% dengan rata-rata skor 106,5865. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum mahasiswa Angkatan 2014 jurusan PGSD Ngaliyan Universitas Negeri Semarang hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai rhitung yaitu 0,565 dan nilai signifikansi 0,000. Dan pengaruh kepercayaan diri terhadap kecemasan berbicara di depan umum yaitu sebesar 31,9%. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa Angkatan 2014 jurusan PGSD Ngaliyan Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, diri, kecemasan, berbicara, di depan umum
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:13
Last Modified: 10 May 2019 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28492

Actions (login required)

View Item View Item