HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA NGEMPLAK SIMONGAN KOTA SEMARANG


TRI NUR AISYAH , 1401412358 (2016) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA NGEMPLAK SIMONGAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412358.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (388kB) | Preview

Abstract

PKn dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Data observasi awal dipreolah bahwa SD Negeri di Desa Ngemplak Simongan Kota Semarang, diperoleh bahwa hasil belajar PKn rendah karena adanya perbedaan gaya belajar antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya dalam mengolah dan menyimpan pengetahuan yang diberikan oleh guru. Dalam satu kelas terdapat siswa yang lebih memahami materi dari guru dengan mendengarkan, mencatat apa yang disampaikan guru, dan adapula siswa yang belajar sendiri tanpa memperhatikan materi dari guru. Selain itu, guru juga kurang bisa menerapkan gaya mengajar yang sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki oleh tiap-tiap siswanya. Guru kurang melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif dan variatif dengan mempertimbangkan gaya belajar yang dimiliki siswanya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan gaya belajar dengan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri di Desa Ngemplak Simongan Kota Semarang. Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri di Desa Ngemplak Simongan Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SD negeri di Desa Ngemplak Simongan Kota Semarang sebanyak 83 siswa, dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Alat pengumpul data yang digunakan peneliti berupa kuesioner dan test soal, analisis data korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya belajar secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata sebesar 126,19 dengan kategori baik. (2) Hasil belajar PKn diperoleh skor rata-rata sebesar 78,05 dengan kategori sangat baik. (3) Ada hubungan yang positif antara gaya belajar secara keseluruhan dengan hasil belajar PKn dengan koefisien korelasi sebesar 0,491. (4) Ada hubungan yang positif antara gaya belajar visual dengan hasil belajar PKn dengan koefisien korelasi sebesar 0,843. (5) Ada hubungan yang positif antara gaya belajar audio dengan hasil belajar PKn dengan koefisien korelasi sebesar 0,668. (6) Ada hubungan yang positif antara gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar PKn dengan koefisien korelasi sebesar 0,884. Berdasarkan penelitian ini, disimpulkan bahwa ada hubungan positif gaya belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN di Desa Ngemplak Simongan Kota Semarang. Saran bagi guru, yaitu untuk dapat memahami gaya belajar siswa sehingga dalam menyampaikan materi pembelajaran guru mengkombinasikan aspek visualitas, audio dan kinestetika siswanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar, gaya, hasil, hubungan, pkn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:12
Last Modified: 10 May 2019 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28491

Actions (login required)

View Item View Item