PENGARUH INTEGRASI PEER INSTRUCTION DENGAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI EKOLOGI


Alfiyani Tazkiyyah , 4401411035 (2015) PENGARUH INTEGRASI PEER INSTRUCTION DENGAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI EKOLOGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of https://www.youtube.com/watch?v=cplXP0ea3G0]
Preview
PDF (https://www.youtube.com/watch?v=cplXP0ea3G0) - Published Version
Download (786kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan mengintegrasikan peer instruction dan inkuiri terbimbing mengarahkan peserta didik untuk lebih memahami konsep dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh integrasi peer instruction dan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi ekologi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperiment dengan desain non randomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 1 Demak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenient sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA5 (kelas eksperimen) dan kelas XMIA 6 (kelas kontrol). Berdasarkan hasil uji t diketahui (t hitung> t tabel) dengan signifikansi< 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol pada aspek kognitif, psikomotorik, afektif dan keterampilan proses sains. Setelah diuji N-Gain nilai gain kelas eksperimen 0,4 dan kelas kontrol 0,3 sehingga tergolong sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah integrasi peer instruction dengan inkuiri terbimbing pada materi ekologi berpengaruh positif terhadap skor test hasil belajar dan keterampilan proses sains pada materi ekologi di SMA Negeri 1 Demak. Oleh karena itu integrasi peer instruction dengan inkuiri terbimbing, dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains pada materi ekologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peer instruction, inkuiri terbimbing, hasil belajar, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 15 Dec 2017 12:38
Last Modified: 15 Dec 2017 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28490

Actions (login required)

View Item View Item