HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD DI GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL


Bravonanda Aji Kurniawan, 1401412356 (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD DI GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412356.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (307kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dapat terlaksana secara efektif apabila ditunjang dengan keadaan emosional dan sosial yang baik. Emosi berpengaruh besar pada kualitas dan kuantitas belajar siswa. Emosi yang positif dapat mempercepat proses belajar dan mencapai hasil belajar yang lebih baik. Oleh karena itu, pembelajaran yang berhasil haruslah dimulai dengan menciptakan emosi yang positif pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Di Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 79 siswa yang diambil menggunakan teknik Cluster Sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan skala kecerdasan emosional dan tes hasil belajar PKn. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis deskriptif, diketahui bahwa siswa kelas IV SD Di Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal, 75,9 % memiliki kecerdasan emosional pada kategori baik dan 64,5% memiliki hasil belajar PKn dalam kategori baik. Hasil analisis korelasi Pearson Product Moment, diperoleh angka koefisien korelasi (rhitung = 0,775) dan nilai signifikansi 0,000. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Di Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, kecerdasan emosional, pkn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:12
Last Modified: 10 May 2019 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28486

Actions (login required)

View Item View Item