HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS BUKIT HARAPAN KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN


Ikke Nur Aeni Fatikhatun Nisa , 1401412350 (2016) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS BUKIT HARAPAN KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412350.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (365kB) | Preview

Abstract

Disiplin belajar merupakan faktor internal belajar, berbagai fenomena berdasarkan pengamatan peneliti menunjukkan siswa di sekolah tertentu memiliki Disiplin belajar rendah sedangkan di tiga sekolah gugus Bukit Harapan menunjukkan siswa sudah disiplin disertai hasil belajar IPA diatas KKM. Fenomena ini membuat peneliti ingin melakukan penelitian tentang hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus Bukit Harapan Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar negeri di gugus Bukit Harapan kecamatan Kesesi kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus Bukit Harapan Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yaitu SDN 01 Podosari, SDN 02 Podosari, dan SDN Brondong dengan jenis penelitan kuantitatif metode korelasi. Populasi seluruh siswa kelas V SDN Gugus Bukit Harapan Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 220 siswa. Sampel penelitian sebanyak 66 siswa diambil dari tiga sekolah sampel penelitian. Teknik sampling nonprobability dengan sampling kuota. Variabel bebas yaitu disiplin belajar dan variabel terikat hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penghitungan menggunakan uji normalitas, uji korelasi, dan koefesien determinasi dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan dengan hasil perhitungan korelasi nilai signifikansi sebesar 0,880 lebih besar dari rtabel yaitu 0,880 > 0,244 untuk taraf kesalahan 5% dan 0,880 > 0,317 untuk taraf kesalahan 1% . Dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Koefisien determinasi sebesar 77%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus Bukit Harapan Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan oleh karena itu sebaiknya guru terus mengembangkan disiplin belajar siswa dan memberi contoh perilaku disiplin. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian serupa, sebaiknya mencari banyak referensi tentang Disiplin belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar, disiplin, hasil, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:11
Last Modified: 10 May 2019 13:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28485

Actions (login required)

View Item View Item