PERAN POSYANDU LANSIA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN LANJUT USIA (Kasus Pada Posyandu Lansia Sejahtera Kelurahan Pasirmuncang)


Azizah Nurul Karohmah , 1201412060 (2016) PERAN POSYANDU LANSIA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN LANJUT USIA (Kasus Pada Posyandu Lansia Sejahtera Kelurahan Pasirmuncang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Lanjut usia adalah kelompok orang yang sedang mengalami suatu proses perubahan yang bertahap dalam jangka waktu tertentu. Perubahan yang terjadi meliputi perubahan fisik, biologis, kognitif, psikologis, ekonomi, maupun peranan sosialnya dalam masyarakat. Perubahan tersebut tidak jarang menimbulkan masalah terhadap kehidupan lansia. Penduduk lansia perlu mendapatkan pembinaan agar menjadi lebih berkualitas dan produktif sehingga dapat mencapai kesejahtaraan dalam hidupnya salah satunya melalui pelayanan posyandu lansia. Rumusan masalah yang dikaji yaitu bagaimana kondisi kesejahteraan lanjut usia ditinjau dari keikutsertaan dalam program posyandu lansia sejahtera, bagaimana peran program posyandu lansia sejahtera terhadap kesejahteraan lanjut usia yang menjadi anggota di Posyandu Lansia Sejahtera, dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program Posyandu Lansia Sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kesejahteraan lansia, peran posyandu lansia dalam meningkatkan kesejahetraan lansia serta faktor yang mempengaruhi pelaksanaan posyandu lansia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu lansia yang menjadi anggota, pengelola Posyandu Lansia Sejahtera. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah lansia yang mengikuti posyandu lansia dapat mencapai kesejahteraan sosialnya dengan baik. Pelayanan yang diberikan seperti Pengecekan tensi dan berat badan, senam tera, senam 10 gerakan menuju sehat, senam otak, pengobatan, rekreasi, penyuluhan kesehatan dan kerohanian, serta PMT. Pelayanan yang inovatif berperan dalam meningkatkan kondisi lansia untuk lebih sejahtera. Faktor yang mempengaruhi program ada yang mendorong dan menghambat jalannya kegiatan. Simpulan Posyandu lansia memberikan peran dalam menyokong pemenuhan kebutuhan dasar seperti fisiologis, rasa aman, sosial, ingin dihargai dan aktualissasi diri. Selain itu lansia dapat mengatasi masalahnya, serta masih dapat berinteraksi dengan keluarga, teman sebaya, masyarakat. Saran yang diberikan untuk Posyandu Lansia Sejahtera yaitu menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan yang berhenti berjalan agar lansia bisa merasakan manfaat yang lebih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, posyandu lansia, kesejateraan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 19 Dec 2017 18:52
Last Modified: 19 Dec 2017 18:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28484

Actions (login required)

View Item View Item