PENGELOLAAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) NISSAN FORTUNA JEPARA
Noor Salamah , 1201412046 (2016) PENGELOLAAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) NISSAN FORTUNA JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (902kB) | Preview |
Abstract
Pelatihan sebagai suatu sistem, membuat komponen pelatihan baik itu masukan, proses, maupun keluaran memiliki hubungan saling mempengaruhi satu sama lain. Pengelolaan pelatihan yang profesional dalam rangka mencapai visimisi lembaga, tidak lepas dari tantangan dan permasalahan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengelolaan lembaga pelatihan agar tetap eksis. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah wakil ketua, tutor, dan warga belajar. Fokus penelitian adalah perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian, pengembangan, faktor pendukung dan faktor penghambat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data dimulai reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan di LKP Nissan Fortuna Jepara adalah jenis perencanaan strategis, pengorganisasiannya adalah lini dan staff. Penggerakannya adalah instrinsik dan ekstrinsik. Pembinaannya dengan metode on the job trainning dan off the job trainnng. Hasil penilaian program dan lembaga, menunjukkan bahwa rencana operasional terealisasi 70%-80%. Pendidik telah memenuhi kompetensi jurusan, namun kurang dalam hal kompetensi pedagogis. Promosi dilakukan melalui pamflet, leaflet, brosur, poster, dari mulutke mulut dll. Namun promosi yang memanfaatkan TIK masih kurang maksimal. Tidak adanya pemantauan alumni berbasis TIK. Pengembangan dilakukan melalui enam langkah, yaitu kajian lingkungan, penilaian berbagai isu, peramalan, perumusan dan penentuan tujuan, implementasi serta monitoring. Faktor pendukung pengelolaan LKP Nissan Fortuna Jepara adalah pengelola, sarana prasarana, dan motivasi belajar peserta didik. Faktor penghambatnya dalah dana dan kurangnya pengelolaan berbasis TIK. Dapat disimpulkan bahwa pengelolan di LKP Nissan Fortuna Jepara memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kekurangannya terletak pada fungsi pembinaan dan pengembangan. Dimana perhatian terhadap pembinaan pendidik akan kompetensi pedagogis masih kurang dan pembinaan terhadap tenaga kependidikan akan pengelolaan lembaga berbasis TIK masih kurang. Sehingga penulis menyarankan diberikannya pelatihan bagi pendidikan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan diberikannya pelatihan kepada tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan berbasis TIK.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, lembaga kursus, pelatihan |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 18:52 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 18:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28483 |
Actions (login required)
View Item |