PELATIHAN KOMPUTER GRATIS DI KAMPOENG PINTAR SEBAGAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Desa Suwawal Timur, Pakis Aji Kabupaten Jepara)


Amilya Candra Dewi , 1201412040 (2016) PELATIHAN KOMPUTER GRATIS DI KAMPOENG PINTAR SEBAGAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Desa Suwawal Timur, Pakis Aji Kabupaten Jepara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (550kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya potensi masyarakat terhadap penguasaan teknologi. Upaya Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup. Melalui pelaksanaan pelatihan komputer gratis berharap dapat meningkatkan potensi masyarakat terhadap penguasaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komputer gratis sebagai pemberdayaan masyarakat dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelatihan komputer gratis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari empat peserta didik, satu tutor, dan sebagai informan yaitu ketua yayasan Kampoeng Pintar dan Tokoh masyarakat. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan pelatihan komputer gratis di Kampoeng Pintar sebagai pemberdayaan masyarakat, semua masyarakat dapat mengikuti pelatihan komputer gratis dan Tutor merupakan peserta didik yang telah selesai mengikuti pelatihan komputer, sumber dana dalam pelatihan komputer gratis diperoleh dari swadaya pengurus dan sumbangan sukarela, interaksi antara pendidik dan peserta didik cukup baik, adanya komunikasi dalam pelatihan, Selain Tutor bertugas mengajar juga sebagai motivator, materi yang diberikan sesuai dengan kurikulum SKKNI (Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah dan praktek. Faktor pendukung pelaksanaan pelatihan komputer gratis adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya teknologi dan menciptakan motivasi masyarakat untuk melakukan perubahan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya fasilitas atau sarana dan prasarana dalam pelaksanaan pelatihan komputer gratis dan sikap masyarakat yang masih tradisional. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pelatihan komputer gratis sebagai pemberdayaan masyarakat peserta didik lebih ahli dari sebelumnya. Dengan adanya hambatan mengenai sikap masyarakat yang masih tradisional memberikan dorongan untuk melakukan suatu perubahan dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk meningkatkan potensi diri di bidang teknologi. Saran dalam penelitian ini yaitu melengkapi sarana dan prasarana serta membuat semangat masyarakat untuk mengikuti pelatihan komputer gratis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Pemberdayaan Masyarakat, Kampoeng Pintar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 19 Dec 2017 18:52
Last Modified: 19 Dec 2017 18:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28481

Actions (login required)

View Item View Item