PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR UNGARAN


Yudi Siswanto , 1201412024 (2016) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (301kB) | Preview

Abstract

Perbedaan latar belakang sikap dalam belajar dari peserta didik pendidikan kesetaraan paket C UPTD SKB Ungaran membuat minat belajar dan hasil belajar masing-masing peserta didik lebih variatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui minat belajar peserta didik program paket C di UPTD SKB Ungaran, (2) Mengetahui hasil belajar peserta didik program paket C di UPTD SKB Ungaran, (3) Mengetahui pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik program paket C di UPTD SKB Ungaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi adalah 66 peserta didik program paket C. Teknik sampel yang digunakan adalah propability proportionate random sampling. Peserta didik yang diambil sebagai sampel terdiri dari 28 peserta didik kelas X dan 25 peserta didik kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase untuk mengetahui kondisi minat belajar dan hasil belajar peserta didik serta teknik analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar. Berdasarkan analisis deskriptif persentase diperoleh data minat belajar peserta didik dari 53 sampel terdapat 88,66 % peserta didik berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi dan hanya 11,32 % peserta didik yang berada pada kategori rendah dan sangat rendah, jadi dapat disimpulkan secara keseluruan minat belajar peserta didik adalah tinggi. Pada variabel hasil belajar dari 53 sampel terdapat 86,77 % peserta didik dalam kategori tinggi dan sangat tinggi dan hanya 13,2 % peserta didik pada kategori rendah dan sangat rendah atau secara keseluruhan hasil belajar peserta didik adalah tinggi. Pada analisis regresi sederhana diperoleh hasil yaitu skor = 103,874 lebih besar dari = 4,03 pada taraf signifikansi 0,05. Sehingga hipotesis nol ( ) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Sedangkan pada tabel R square diperoleh skor 0,671 yang artinya besaran pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar adalah sebesar 67 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peserta didik dan tutor diharapkan: (1) Mampu merefleksi proses belajar mulai dari sikap, etika dalam belajar, konsep dalam belajar dan melihat hasil belajar yang telah didapat sehingga tetap bisa mempertahankan predikat dari hasil belajar dalam kategori tinggi, (2) Mampu menerapkan metode-metode pembelajaran dimana peserta didik lebih aktif dalam belajar sehingga terciptanya kondisi pembelajaran yang nyaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar, Paket C
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 19 Dec 2017 18:51
Last Modified: 19 Dec 2017 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28476

Actions (login required)

View Item View Item