UPAYA PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN YANG DILAKUKAN PENILIK DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD DI KOTA SURAKARTA


Mar’atus Sholihah Isnaini , 1201412022 (2016) UPAYA PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN YANG DILAKUKAN PENILIK DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD DI KOTA SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412022.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidik yang belum sesuai dengan standar, khususnya dari segi pendidikan terakhir dan kompetensi dasar yang harus dimiliki. Untuk menjadi pendidik, pendidikan terakhir minimal adalah Sarjana. Penilik diperlukan untuk memberikan bimbingan atau pelatihan yang berkaitan dengan PAUD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1.)Bagaimana upaya pembimbingan dan pelatihan yang dilakukan penilik dalam peningkatan kompetensi pedagogik bagi pendidik PAUD? (2)Bagaimana hasil dari pembimbingan dan pelatihan yang dilakukan penilik kepada pendidik PAUD dalam peningkatan kompetensi pedagogik?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan upaya pembimbingan dan pelatihan yang dilakukan penilik dalam peningkatan kompetensi pedagogik pada pendidik PAUD (2)Mendiskripsikan hasil dari pembimbingan dan pelatihan yang dilakukan penilik kepada pendidik PAUD dalam peningkatan kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 9 orang terdiri dari 4 penilik dan 5 pendidik. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan tahap sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan penilik dalam peningkatan kompetensi pedagogic antara lain dengan pembinaan, pembimbingan, bintek, pelatihan, dan workshop kepada pendidik PAUD. Hasil dari pembimbingan dan pelatihan yang telah dilakukan oleh penilik adalah adanya perubahan perilaku pendidik ketika sebelum dan sesudah mengikuti pembimbingan, terbukti dari kualitas pendidik PAUD dalam proses belajar mengajar yang semakin baik. Simpulan dari penelitian ini adalah upaya yang dilakukan penilik dalam peningkatan kompetensi pedagogik pendidik PAUD yaitu melalui pembimbingan dan pelatihan. Hasil dari pembimbingan dan pelatihan yang dilakukan penilik PAUD di Kota Surakarta adalah adanya perubahan perilaku pendidik ketika sebelum dan sesudah mengikuti pembimbingan dan pelatihan. Selanjutnya saran yang disampaikan oleh peneliti adalah:1.) Peneliti menyarankan pelatihan dan pembimbingan yang diberikan oleh penilik dapat berkembang dan dalam pelaksanaanya dapat berkelanjutan;2.) ilmu yang telah didapat diaplikasikan saat proses pembelajaran;3.) Penilik dan pendidik dapat membangun komunikasi yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilik, Kompetensi Pedagogik, Pendidik PAUD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 19 Dec 2017 18:51
Last Modified: 19 Dec 2017 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28475

Actions (login required)

View Item View Item