HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN III DIRGANTARA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK


Iswatun Khasanah , 1401412345 (2016) HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN III DIRGANTARA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412345.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (341kB) | Preview

Abstract

Aktivitas Belajar merupakan semua kegiatan yang dilakukan siswa baik secara fisik maupun mental untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Di sekolah proses belajar mengajar belum optimal, siswa kurang aktif saat pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa rendah dikarenakan kurang adanya motivasi, kemampuan siswa rendah dalam memahami materi pelajaran, kurang adanya kerjasama antar kelompok sehingga siswa kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Rumusan masalah apakah ada hubungan yang positif antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas V. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dabin III Dirgantara Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi siswa kelas V SD Negeri Dabin III Dirgantara Demak 149 siswa. Teknik pengambilan sampel teknik sampling kuota dengan mengambil 75 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas V, Besarnya hubungan 0,605. Dengan hasil analisis product moment nilai t hitung 6,499 dengan signifikansi 0,000 dimana 0,000<0,05 membuktikan adanya hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa. Nilai korelasi 0,605 dan nilai signifikasi 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Koefisien determinasi sebesar 0,358 menunjukkan presentase kontribusi hubungan variabel independen sebesar 30%. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dabin III Dirgantara Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan simpulan penelitian ini rata-rata 79,53 dalam kategori “tinggi”. Sedangkan hasil belajar dalam kategori “sedang” sebesar 74,04. Besarnya hubungan 0,561, nilai thitung5,788 dengan signifikansi 0,000 kontribusi 30% dan sisanya 70% dipengaruhi faktor lain. Saran guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan suasana yang menarik saat pembelajaran sehingga siswa dapat mendengarkan penjelasan guru, mudah memahami materi, aktif bertanya, dan tidak berbicara sendiri.Untuk penelitian selanjutnya dapat menyertakan variabelvariabel lain selain aktivitas belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:10
Last Modified: 10 May 2019 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28471

Actions (login required)

View Item View Item