HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III, IV DAN V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


Ika Fitriyani , 1401412344 (2016) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III, IV DAN V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412344.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (296kB) | Preview

Abstract

Pola asuh orang tua adalah suatu proses interaksi antara orang tua dan anak, yang meliputi kegiatan seperti memelihara, mendidik, membimbing serta mendisplinkan dalam mencapai proses kedewasaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Pola asuh orang tua merupakan faktor penting yang mempengaruhi prestasi siswa dalambelajar. Semakin baik pola asuh yang didapatkan siswa, maka akan semakin tinggi pula hasil belajarnya. Berdasarkan observasi dan wawancara di SDN Gugus Wijaya Kusuma ditemukan masalah ada beberapa siswa yang kurang mendapatkan pola asuh dari orang tua yang benar, hal itu terlihat dari belum siapnya siswa saat pembelajaran karena sebelumnya tidak belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan polaasuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas III, IV dan V SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode korelasi.Variabel dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua (pola asuh otoriter, pola asuh permisif, dan pola asuh demokratis) sebagai variabel bebas, dan hasil belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan. Pengambilan sampeldalam penelitian ini menggunakan metode Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi yang dianalisis meliputi uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Uji hipotesis meliputi uji korelasi product moment, regresi, koefisien determinan dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung > rtabel, yaitu 0,460 > 0,254 dan nilai signifikansi < 0,05, dengan demikian ada hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa SDN Gugus Wijaya Kusuma tahun ajaran 2015/2016, dan kontribusi pola asuh orang tua terhadap prestasi siswa dalam belajar sebesar 21,1%. Hal ini berarti bahwa meningkat atau menurunnya hasil belajar siswa dalam belajar ditentukan oleh pola asuh orang tua sebesar 21,1%. Dari hasil perhitungan sumbangan efektif(SE), diketahui bahwa dari ketiga pola asuh orang tua yang diteliti, pola asuh orang tua demokratis yang memberikan sumbangan terbanyak sebesar 17%, kemudian diikutioleh pola asuh permisif sebesar 3,7% dan yang terakhir yaitu pola asuh otoriter sebesar 0,5%. Simpulan penelitian ini ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar. Saran bagi guru agar dapat menjadi orang tua pengganti di sekolah yang mana memiliki tugas yang sama dengan orang tua, salah satunya tugas untuk memotivasi siswa agar belajar lebih giat lagi agar mencapai cita-cita yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, hasil belajar, orang tua.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:10
Last Modified: 10 May 2019 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28468

Actions (login required)

View Item View Item