HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENGUATAN DENGAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD GUGUS BEKISAR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG


Ulfa Yurisna Sari , 1401412338 (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENGUATAN DENGAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD GUGUS BEKISAR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412338.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (365kB) | Preview

Abstract

Keterampilan dasar mengajar menjadi salah satu aspek penting dalam kompetensi guru yang harus dikuasai oleh guru disamping berbagai kemampuan lainnya, salah satunya yaitu keterampilan memberikan penguatan. Keterampilan ini berkaitan erat dengan pemberian respon, umpan balik, dan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan usahanya dalam kegiatan belajar mengajar dan mengembangkan hasil belajarnya.Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru kelas V di beberapa SD di Kecamatan Tuntang menunjukkan bahwa penerapan keterampilan dasar mengajar sudah diberikan, tetapi masih jarang terutama keterampilan memberi penguatan, motivasi siswa juga masih kurang, dan kurang optimalnya hasil belajar siswa, terutama pada mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah hubungan antara keterampilan guru dalam memberi penguatan dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SD Gugus Bekisar Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional (Correlational Research). Subjek penelitian adalah 41 siswa di 2 SDN Gugus Bekisar Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan koefisien determinasi. Sebelumnya, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji linieritas. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R sebesar 0,496. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan guru dalam memberi penguatan dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SD Gugus Bekisar Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang karena nilai R hitung > R tabel. Koefisien determinasi (R2) dalam penelitian inisebesar 24,6%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan memberi penguatan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA sebanyak 24,6% dan sisanya 75,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan guru dalam memberikan penguatan dengan hasil belajar IPA di kelas V SD Gugus Bekisar Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Disarankan sebaiknya pemberian penguatan pada saat pembelajaran berlangsung harus tepat sasaran dan sesuai kondisi siswa agar penguatan menjadi efektif. Sehingga hasil belajar bisa maksimal dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Keterampilan Guru Memberi Penguatan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:10
Last Modified: 10 May 2019 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28467

Actions (login required)

View Item View Item