HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS BEKISAR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG


Anissa Tarikaningrum , 1401412335 (2016) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS BEKISAR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412335.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (644kB) | Preview

Abstract

Faktor yang mempengaruhi hasil belajar selain faktor internal juga dipengaruhi faktor eksternal yang terdiri dari lingkungan sosial dan faktor lingkungan non sosial. Salah satu faktor Lingkungan non sosial adalah faktor instrumental atau perangkat pembelajaran. Kondisi riil di lapangan banyak sekolah yang belum memaksimalkan perangkat pembelajaran khususnya media pembelajaran. Media pembelajaran sangatlah berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar terutama untuk mata pelajaran yang mempunyai materi banyak seperti IPS. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial yang lebih mudah penyampaiannya dengan menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Media pembelajaran dengan hasil belajar IPS di kelas IV SD Gugus Bekisar Kabupaten Semarang. Jumlah sekolah yang yang diteliti ada 2 SD dengan jumlah responden 44 siswa yaitu seluruh siwa kelas IV. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan tergolong penelitian korelasional . Variabel bebas dalam penelitian ini adalah (X) media pembelajaran, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah (Y) hasil belajar IPS siswa kelas IV. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen hasil belajar IPS siswa. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan antara pengguaan media pembelajaran belajar dengan hasil belajar ditunjukkan dengan adanya thitung >ttabel (0,480>0,297)dansignifikansinya0,01<0,05, korelasi dalam penelitian ini tergolong Sedang. (2) besarnya hubungan pembelajaran media pembelajaran dengan hasil belajar sebesar 23,10%, dan 76,90% ditentukan oleh faktor lain. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar sebesar 23,10% dan tergolong Sedang. Saran guru harus lebih sering menggunakan media pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan tepat sesuai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, IPS, Media pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 15:40
Last Modified: 09 May 2019 15:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28466

Actions (login required)

View Item View Item