PENGARUH MANAJEMEN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


SITI ROHMANIYAH , 1401412331 (2016) PENGARUH MANAJEMEN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412331.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (614kB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar ditandai adanya hambatan, ancaman dan gangguan yang berasal dari dalam diri individu maupun luar individu dalam proses pembelajaran. Kesulitan belajar ini disebabkan oleh fasilitas belajar yang belum dikelola dengan baik, sehingga penggunaannya kurang optimal dalam mendukung pembelajaran. Permasalahan yang diteliti mengenai (1) adakah pengaruh manajemen fasilitas belajar di sekolah terhadap kesulitan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang; (2) seberapa besar pengaruh manajemen fasilitas belajar di sekolah terhadap kesulitan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh manajemen fasilitas belajar di sekolah terhadap kesulitan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang; (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh manajemen fasilitas belajar di sekolah terhadap kesulitan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian menggunakan metode korelasional dengan rumus analisis korelasi, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru dan peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gunungpati. Sampel penelitian sebanyak 80 guru dan 80 peserta didik, ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Variabel penelitian ini adalah manajemen fasilitas belajar di sekolah sebagai variabel bebas dan kesulitan belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan manajemen fasilitas belajar di sekolah terhadap kesulitan belajar siswa kelas IV dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima; (2) besarnya pengaruh manajemen fasilitas belajar di sekolah terhadap kesulitan belajar peserta didik sebesar 21,1%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen fasilitas belajar di sekolah dengan kesulitan belaajr peserta didik. Manajemen fasilitas belajar mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik sebesar 21,1%. Saran dari peneliti, diharapkan pihak sekolah melaksanakan manajemen fasilitas belajar yang meliputi perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan dan penghapusan sesuai dengan kebutuhan sekolah agar lebih mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, manajemen, fasilitas belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:58
Last Modified: 09 May 2019 14:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28464

Actions (login required)

View Item View Item