Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPS Berbasis KTSP di Kelas IV SD se- Kecamatan Gunungpati Kota Semarang
Gilang Trisya Amallia , 1401412329 (2016) Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPS Berbasis KTSP di Kelas IV SD se- Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (485kB) | Preview |
Abstract
Aktivitas belajar merupakan aktivitas fisik dan mental yang kaitan antara keduanya akan membuahkan aktivitas belajar yang optimal. Namun pada kenyataannya, masih banyak siswa yang kurang optimal dalam melakukan aktivitas belajar tersebut, sehingga semangat belajar dari diri siswa itu sendiri tidak optimal. Salah satu indikator bahwa pembelajaran memiliki keinginan untuk belajar adalah adanya aktivitas. Dengan melakukan aktivitas sendiri, siswa mampu memperoleh pemahaman, pengetahuan, dan aspek-aspek tingkah laku lainnya, serta dapat mengembangkan keterampilan yang lebih terarah dan bermakna. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu 1) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS; 2) Apakah faktor yang mempengaruhi aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS; 2) Mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lokasi SD Se-Kecamatan Gunungpati. Teknik Penelitan yang digunakan yaitu 1) Observasi; 2) Wawancara; 3)Catatan Lapangan; 4) Dokumentasi. Dan analisis data yang dilakukan yaitu 1) reduksi data; 2) penyajian data dan; 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini didapati bahwa aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS SD terbagi dalam 4 kriteria yaitu Kurang, Cukup, Baik dan Sangat Baik. Terdata dengan persentase tertinggi ditunjukkan oleh SD Sadeng 03 dengan kriteria Baik dengan persentase 62,50% dan Sangat Baik dengan persentase 37,50% dan presentase terendah SD Sadeng 02 dengan kriteria Cukup sebanyak 7,35% , Baik sebanyak 69,11% , dan Sangat Baik sebanyak 23,52%. Faktor utama yang mempengaruhi aktivitas siswa adalah kurangnya dorongan dari orang tua. Simpulan yang didapat adalah aktivitas siswa dengan persentase tinggi menunjukkan kriteria Baik dan Sangat Baik, sedangkan persentase yang rendah masih menunjukkan kriteria Cukup. Saran untuk guru supaya dapat membimbing siswanya agar mumpuni dalam melakukan 8 aktivitas siswa dengan baik. dan bagi orang tua agar memberikan perhatian dan dorongan terhadap anaknya agar memiliki semangat belajar yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas siswa; faktor pengaruh; pembelajaran IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 May 2019 14:58 |
Last Modified: | 09 May 2019 14:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28463 |
Actions (login required)
View Item |