HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KTSP DI KELAS III SD se-KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG
EKA DESI DAMAYANTI , 1401412328 (2016) HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KTSP DI KELAS III SD se-KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (314kB) | Preview |
Abstract
Aktivitas belajar bagi setiap individu tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar, kadang-kadang individu memiliki semangat tinggi, tetapi kadangkadang juga sulit untuk menumbuhkan konsentrasi. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran sering ditemui berbagai faktor penghambat. Hambatan tersebut dapat datang dari guru, peserta didik, lingkungan keluarga maupun faktor fasilitas. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini: 1) Bagaimanakah tingkat hambatan dalam pembelajaran IPS berbasis KTSP di kelas III SD; 2) Bagaimanakah cara mengatasi hambatan-hambatan dalam pembelajaran IPS berbasis KTSP di kelas III SD. Tujuan dari penelitian ini: 1) Mendeskripsikan tingkat hambatan dalam pembelajaran IPS berbasis KTSP di kelas III SD; 2) Mendeskripsikan cara mengatasi hambatan-hambatan dalam pembelajaran IPS berbasis KTSP di kelas III SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lokasi SD se-Kecamatan Gunungpati. Teknik penelitan yang digunakan: 1) observasi; 2) wawancara; 3) catatan lapangan; dan 4) dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, bahwa tingkat hambatan pembelajaran IPS kelas III terbagi dalam 4 kategori yaitu Rendah, Cukup Tinggi, Tinggi, dan Sangat Tinggi. Data yang didapatkan di 4 SD memiliki kategori tingkat hambatan yang sama yaitu Cukup Tinggi namun dengan jumlah skor yang berbeda. Satu SD dengan skor 31, dua SD dengan skor 20, dan satu SD dengan skor 27. Hambatan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran adalah masalah alokasi waktu dan tingkat kejenuhan peserta didik yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa tingkat hambatan di 4 SD yang diteliti memiliki kategori yang sama, yaitu Cukup Tinggi dengan skor yang berbeda-beda. Cara mengatasinya dengan merangkum materi yang akan disampaikan dan menggunakan media interaktif yang menarik. Saran kepada guru agar mampu menambah wawasan untuk mengatasi hambatan yang terjadi. Bagi sekolah agar mampu memenuhi fasilitas yang menunjang proses pembelajaran untuk meminimalisir hambatan yang sering terjadi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hambatan, pembelajaran, IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 May 2019 14:58 |
Last Modified: | 09 May 2019 14:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28461 |
Actions (login required)
View Item |