“POLA ASUH ANAK USIA DINI” (Studi Kasus Pada Orang Tua yang Mengikuti Program Bina Keluarga Balita (BKB) di Kelurahan Kutoarjo Kabupaten Purworejo)


RAHMAWATI SETIYA WULANDARI , 1201412020 (2016) “POLA ASUH ANAK USIA DINI” (Studi Kasus Pada Orang Tua yang Mengikuti Program Bina Keluarga Balita (BKB) di Kelurahan Kutoarjo Kabupaten Purworejo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (312kB) | Preview

Abstract

Pola asuh orang tua menjadi faktor penentu bagi anak, apakah anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik atau tidak. Orang tua dituntut harus mengetahui cara pola asuh anak dengan baik dan benar, agar dapat menghasilkan anak yang berkualitas di masa depan. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan Pola Asuh Orang Tua pada anak usia dini yang mengikuti program Bina Keluarga Balita (BKB), (2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi pola asuh orang tua pada anak usia dini dalam mengikuti program Bina Keluarga Balita (BKB). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah keluarga yang mengikuti program Bina Keluarga Balita (BKB) dan pengurusnya. Keabsahan data penelitian ini mengunakan triangulasi sumber, teori, dan metode. Teknik analisis data penelitian ini mencakup reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini orang tua menggunakan ketiga jenis pola asuh. (1) Dalam hal pola asuh orang tua hendaknya menerapkan pola asuh yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan perkembangan seorang anak, Orang tua memilih pola asuh demokrasi memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih dan melakukan suatu tindakan serta menghargai setiap usaha dan karya yang dilakukan anak, sehingga anak akan termotivasi kearah yang lebih baik. Sedangkan otoriter agar anak mendapat didikan secara tegas dengan menerapkan sanksi dan peraturan, tanpa mengabaikan hak-hak anak dan laissez faire orang tua memberikan kebebsan pada anaknya untuk bermain. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam hal pola asuh adalah tingkat pendidikan terakhir orang tua, lingkungan, dan budaya. Berdasarkan hasil penelitian, pola asuh pada keluarga di daerah Kelurahan Kutoarjo menggunakan pola asuh otoriter, demokrasi, dan laissez faire. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pola asuh orang tua terhadap anak adalah salah satunya tingkat pendidikan orang tua yang tinggi, Sedangkan faktor penghambatnya adalah tingkat pendidikan orang tua yang rendah dan kesibukan orang tua. Peneliti menyarankan untuk memberikan kebebasan kepada anak dengan tetap menggunakan sanksi pada setiap tindakan sebagai tanggung jawab akan lebih bijaksana dalam penerapan pola asuh anak. Faktor pendidikan memang sedikit banyak mempengaruhi pandangan orang tua tentang pola asuh anak tetapi hal ini dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh , Pendidikan Anak Usia Dini , Program BKB.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 14 Dec 2017 18:32
Last Modified: 14 Dec 2017 18:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28457

Actions (login required)

View Item View Item