PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM GUNA MENGEMBANGKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP) ANAK KELOMPOK B DI PAUD ALAM UNGARAN


Nifa Septiani , 1201412018 (2016) PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM GUNA MENGEMBANGKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP) ANAK KELOMPOK B DI PAUD ALAM UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (471kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pendidikan yang memliki peran sangat penting di sekolah. Melalui pembelajaran, diketahui bagaimana sekolah menyusun rencana pembelajaran bagi anak untuk mengembangkan kecerdasan anak. Atas dasar itulah penelitian ini di fokuskan pada penyelenggaraan pembelajaran di PAUD Alam Ungaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyelenggaraan pembelajaran PAUD berbasis alam di PAUD Alam Ungaran, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang menjadi sumber data adalah : kepala sekolah, guru, orangtua murid dan masyarakat sekitar. Dengan teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis penyelenggaraan pembelajaran berbasis alam di PAUD Alam Ungaran meliputi perencanaan menyusun lesson plan dari spider web, weekly, dan daily beserta lembar kerja anak. Pengorganisasian pemilihan dan pengembangan tema serta indikator yang sesuai dengan sekolah alam serta sub tema yang digunakan langsung mengenalkan anak pada subjek di alam. Pelaksanaan pembelajaran di dalam maupun luar kelas, alam sebagai green lab dan penanaman karekter kepemimpinan (leadership) diajarkan dengan pembiasaan – pembiasaan kecil. Evaluasi pembelajaran dilakukan setahun sekali oleh Direktur, kepala sekolah, guru dengan melihat visi dan misi sekolah. Keterlibatan guru, orangtua murid dalam pelaksanaan pembelajaran sudah terlihat dengan diundangnya murid saat pergantian tema juga komunikasi tentang perkembangan anak. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut penyelenggaraan pembelajaran berbasis alam di PAUD Alam Ungaran meliputi perencanaan menyusun lesson plan dari spider web, weekly, dan daily beserta lembar kerja anak. Pengorganisasian pemilihan dan pengembangan tema serta indikator yang sesuai dengan sekolah alam serta sub tema yang digunakan langsung mengenalkan anak pada subjek di alam. Saran kepala sekolah Alam Ungaran perlua adanya komunikasi yang baik antara pihak sekolah, orangtua murid, dan masyarakat sekitar dalam memajukan sekolah. Sekolah bukan hanya milik pihak sekolah dan orangtua murid saja namun juga milik masyarakat yang akan menilai baik atau tidaknya lulusan sekolah. Duduk bersama sangat dibutuhkan agar terjadi simbiosis mutualisme yang baik. Sesuai dengan visi sekolah yang ingin menjadikan sekolah worldschool, dibutuhkan jalinan komunikasi yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembalajaran, Berbasis Alam, Karakter Kepemimpian (Leadership)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 14 Dec 2017 18:32
Last Modified: 14 Dec 2017 18:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28456

Actions (login required)

View Item View Item