PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN COMPETENCY BASED TRAINING (CBT) DI LKP BELVA DI DESA SIDOREJO, KECAMATAN KARANGAWEN, KABUPATEN DEMAK


Dhabith Shabrina Yandari Putri , 1201412016 (2016) PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN COMPETENCY BASED TRAINING (CBT) DI LKP BELVA DI DESA SIDOREJO, KECAMATAN KARANGAWEN, KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa pentingnya pembelajaran program kursus dan pelatihan dengan pendekatan Competency Based Training (CBT) bagi masyarakat yang ingin bekerja sebagai tenaga kerja di industri garmen. Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sebagai salah satu bentuk satuan PNF yang memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Penyelenggaraan pembelajaran dengan pendekatan CBT di LKP Belva, 2) Prosedur pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan CBT di LKP Belva, 3) Penilaian pembelajaran dengan pendekatan CBT di LKP Belva, 4) Kemitraan yang di lakukan oleh LKP Belva dengan industri garmen di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 1 pimpinan, 1 pendidik, 3 peserta didik. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) Penyelenggaraan pembelajaran dengan pendekatan CBT di LKP Belva: tujuan pembelajaran adalah memberikan pengetahuan dan ketrampilan yang menekankan pada pencapaian kompetensi dan tujuan program adalah pencapaian kompetensi sesuai standar DUDI. Pembelajaran berlangsung selama 3 bulan setiap senin-sabtu, pukul 08.00-16.00 WIB. Materi pembelajaran adalah garmen, tata busana, sulam, dan ketrampilan kreatifitas. Metode yang digunakan teori dan praktek. Media yang digunakan mesin jahit, mesin obras, dan lainnya menyesuaikan materi pembelajaran, 2) Prosedur pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan CBT: identifikasi kebutuhan peserta didik, penyampaian materi dan melakukan penilaian pembelajaran, 3) Penilaian pembelajaran dengan pendekatan CBT: evaluasi formatif dan sumatif, 4) Kemitraan yang dilakukan oleh LKP Belva dengan industri garmen di Jawa Tengah: penyediaan calon tenaga kerja dan penempatan kerja. Saran yang disampaikan: Bagi pimpinan LKP melakukan monitoring, evaluasi dan supervisi rutin kepada pendidik serta memperluas kemitraan dengan industri garmen di luar Jawa Tengah, pendidik melakukan inovasi dalam pembelajaran, LKP melengkapi bahan, media pembelajaran dan fasilitas (ruang teori dan praktek).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Competency Based Training
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 14 Dec 2017 18:32
Last Modified: 14 Dec 2017 18:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28454

Actions (login required)

View Item View Item