PROSES PEMBELAJARAN DALAM PEMBERDAYAAN IBU-IBU MUDA DI HOME INDUSTRY SUSU KEDELAI SOYA BRINTO DESA PARENGAN KECAMATAN MADURAN KABUPATEN LAMONGAN


Aisyiyah Anjar Nugraheni , 1201412011 (2016) PROSES PEMBELAJARAN DALAM PEMBERDAYAAN IBU-IBU MUDA DI HOME INDUSTRY SUSU KEDELAI SOYA BRINTO DESA PARENGAN KECAMATAN MADURAN KABUPATEN LAMONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin beragamnya jenis pekerjaan yang ada di Indonesia. Namun tidak sedikit pula masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan. Pemberdayaan diperlukan untuk mengurangi angka pengangguran, salah satunya pemberdayaan dalam home industry, terutama bagi ibu-ibu muda yang menganggur di daerah tempat berdirinya home industry susu kedelai Soya Brinto, dan pada akhirnya pemilik home industry mengadakan pemberdayaan dengan merekrut ibu-ibu muda untuk bekerja dalam home industrynya untuk mengurangi angka pengangguran. Pemberdayaan dimaknai sebagai proses menuju berdaya, jadi pihak yang kurang/tidak berdaya diberi kemampuan agar lebih berdaya. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) mengetahui proses pembelajaran dalam pemberdayaan ibu-ibu muda di home industry susu kedelai Soya Brinto, 2) mengetahui faktor penghambat dari proses pembelajaran dalam pemberdayaan ibu-ibu muda di home industry susu kedelai Soya Brinto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 7 orang yakni 1pemilik home industry, dan 6 ibu-ibu muda yang diberdayakan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu triangulasi teori dan sumber. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan tahap sebagai berikut pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran dalam pemberdayaan ibu-ibu muda di home industry susu kedelai Soya Brinto ini prosesnya dilakukan secara berurutan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor internal yang menghambat adalah suasana hati yang kurang baik dan kedisiplinan ibu-ibu muda, sehingga menyebabkan rasa malas, serta kurang adanya percaya diri dalam menyalurkan potensi yang ada dalam diri ibuibu muda tersebut. Sedangkan faktor eksternal yang menghambat tidak ada. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam proses pemberdayaan ibu-ibu muda yang dilakukan oleh home industry Soya Brinto telah berjalan secara bertahap, mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi. Selanjutnya saran yang disampaikan oleh peneliti adalah sebagai berikut: 1) sebaiknya ibu-ibu muda lebih termotivasi dalam bekerja, tidak membawa masalah pribadi ke dalam pekerjaan; 2) apabila kapasitas produksi berlebih, pemilik sebaiknya memberi upah lebih; 3) kedisiplinan sebaiknya lebih ditingkatkan dengan diberi punishment atau hukuman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Pemberdayaan Ibu-ibu Muda, Home industry Susu Kedelai.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 14 Dec 2017 18:32
Last Modified: 14 Dec 2017 18:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28451

Actions (login required)

View Item View Item