PENGARUH METODE BELAJAR MANDIRI DENGAN MEDIA BELAJAR TBM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN CALISTUNG WARGA BELAJAR PKBM BASMALA


FEBRINA WARAS APRISTA PUTRI , 1201412009 (2016) PENGARUH METODE BELAJAR MANDIRI DENGAN MEDIA BELAJAR TBM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN CALISTUNG WARGA BELAJAR PKBM BASMALA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (310kB) | Preview

Abstract

Dalam pemberantasan buta huruf, sudah ada program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yakni program Keaksaraan Fungsional yang berorientasi pada minat, kebutuhan, pengalaman dan ide, dimana dalam program tersebut para warga belajar dimaksudkan adanya perubahan perilaku yang di antaranya dari segi berpikirnya, keterampilannya, sikanya pada suatu objek atau dalam penelitian ini khususnya adanya peningkatan kemampuan membaca, menulis dan berhitung dengan metode belajar mandiri dimana warga belajar memanfaatkan Taman Bacaan Masyarakat sebagai media belajar yang digunakan. Berdasarkan uraian latar belakang masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini, maka dapat dirumuskan permasalahan, yaitu: (1) Bagaimana pengaruh dari TBM sebagai media belajar sistem belajar mandiri terhadap kemampuan belajar warga belajar. (2) Seberapa besar pengaruh dari TBM sebagai media belajar sistem belajar mandiri terhadap kemampuan belajar warga belajar. Populasi penelitian ini adalah warga belajar di Desa Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Kemudian diambil sampel sebanyak 30 warga belajar dengan cara Sampel Random Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan disain One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data dengan tes. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan uji Gain Scores. Efektifitas proses pembelajaran mengunakan media atau sumber belajar TBM juga dapat diketahui dengan melakukan uji rata-rata gain ternormalisasi. Rata-rata hasil belajar pre-tes dan post-tes selanjutnya diuji rata-rata gain ternormalisasi. Peningkatan rata-rata dari hasil pre-tes dan post-tes menunjukan bahwa warga belajar mengalami peningkatan sebesar 12,46 dengan hasil rata-rata pre-tes 64,57 menjadi 77,03 pada rata-rata post-tes. Besar rata-rata uji gain yaitu 0,4, jika dinyatakan dalam prosentase sebesar 40%. Hal ini menujukkan bahwa peningkatan rata-rata termasuk kriteria sedang. Saran yang dapat penulis rekomendasikan yaitu (1) Sehubungan dengan kegiatan pembelajaran dalam pemberantasan Buta Aksara yang berpengaruh dengan kemampuan calistung warga belajar, maka subvariabel yang termasuk dalam kategori baik harus dipertahankan, (2) Berdasarkan hasil penelitian, kontribusi kegiatan dalam pemanfaatan TBM sebagai media belajar atau sumber belajar dapat meningkatkan kemamapuan calistung warga belajar sebesar 40% dengan kategori sedang. Sebaikanya diadakan penelitian lanjutan dan menambah variabel untuk menemukan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemampuan membaca, menulis dan berhitung warga belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar Mandiri, Taman Bacaan Masyarakat, Calistung, Buta Aksara
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 14 Dec 2017 18:32
Last Modified: 14 Dec 2017 18:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28450

Actions (login required)

View Item View Item