PERANAN LAGU NASIONAL DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG


DWI PUTMA SARI, 1401412326 (2016) PERANAN LAGU NASIONAL DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412326.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (385kB) | Preview

Abstract

Lagu nasional adalah lagu-lagu berbahasa Indonesia berisi tentang aspek kehidupan bangsa Indonesia. Sedangkan karakter, dorongan pilihan untuk menentukan yang terbaik dalam hidup. Pada kondisi di lapangan sebagian besar guru kurang optimal dalam memanfaatkan lagu nasional dalam pembentukan nilai karakter siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana nilai karakter yang terdapat dalam lagu nasional? 2) Bagaimana peranan lagu nasional dalam pembentukan nilai karakter siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Tugu Kota Semarang? 3) Bagaimana hambatan lagu nasional dalam pembentukan nilai karakter siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai karakter yang terdapat dalam lagu nasional, peranan, dan hambatan lagu nasional dalam pembentukan nilai karakter siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Menggunakan sampel 7 guru dan 179 siswa kelas IV SDN di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, angket, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Sedangkan data dianalisis dengan teknik sebelum di lapangan, selama di lapangan (reduksi data, penyajian data, verifikasi), dan setelah selesai di lapangan. Hasil penelitian ini adalah 69,69% pada SDN Mangkang Wetan 01 (baik), SDN Mangkang Kulon 01 sebesar 63,63% (baik), SDN Mangkang Wetan 02 sebesar 60,60% (baik), SDN Mangkang Kulon 03 sebesar 54,54% (baik), SDN Mangkang Wetan 03 sebesar 48,48% (cukup), SDN Mangkang Kulon 02 sebesar 39,39% (cukup), dan SDN Mangunharjo sebesar 36,36% (cukup). Adapun kendala yang dialami diantaranya siswa lebih hafal lagu pop daripada lagu nasional, guru belum sepenuhnya memberikan penjelasan makna dan isi tentang lagu nasional yang dinyanyikan siswa, kurang optimalnya guru dalam memberikan penilaian kepada siswa dalam menyanyikan lagu nasional. Simpulan penelitian ini adalah peranan lagu nasional dalam pembentukan nilai karakter siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Tugu Kota Semarang dalam kategori baik, tetapi kurang optimal karena masih ada beberapa hambatan yang dialami guru. Saran dari penelitian ini, guru hendaknya membiasakan siswa untuk menyanyikan lagu nasional setiap hari atau dimasukkan saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lagu nasional, nilai karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:57
Last Modified: 09 May 2019 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28448

Actions (login required)

View Item View Item