Proses Pelaksanaan Program Layanan Pendidikan Anak Melalui Kursus di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah
Mega Puspitasari , 1201412006 (2016) Proses Pelaksanaan Program Layanan Pendidikan Anak Melalui Kursus di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (402kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan keterampilan untuk anak usia dini dan usia sekolah dasar sangat penting karena potensi kecerdasan serta dasar-dasar perilaku seseorang terbentuk saat usia tersebut. Pada usia tersebut sangat baik untuk memberikan pelajaran berupa keterampilan, karena anak masih termasuk usia meniru, kreatif dan mempunyai daya ingat yang tinggi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah proses pelaksanaan progam kursus di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah; (2) Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi pendorong dan penghambat kegiatan kursus di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan program kursus; (2) Untuk mengetahui faktor yang menjadi pendorong dan penghambat pelaksanaan program kursus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Perpustakaan Daerah Jateng . Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 8 orang, yang terdiri dari 1 pengelola/pegawai perpustakaan, 3 tutor, 3 peserta kursus dan 1 orang tua. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi: triangulasi sumber. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah didapatkannya gambaran tentang Perpustakaan Daerah Jawa Tengah. Proses pelaksanaan kegiatan kursus di Layanan Anak. Jenis-jenis kursus meliputi kursus menggambar, kursus menari dan kursus bahasa inggris. Faktor yang menjadi pendukung yaitu faktor internal diantaranya peserta didik, tutor, metode pembelajaran, sarana prasarana kegiatan, dan dana atau pembiayaan kegiatan. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu mitra kerja dan lingkungan. Faktor yang menjadi penghambat yaitu belum memaksimalkan fungsi manajeman program seperti penggerakan, pembinaan, penilaian dan pengembangan. Simpulan dari penelitian adalah proses pelaksanaan program kursus di Perpustakaan Daerah Jateng sudah sesuai dengan perenacanaan. Program kursus bermanfaat sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sebagaimana tujuan, fungsi dan manfaat kegiatan kursus dalam mengembangkan keterampilan anak dan sebagai tempat pembelajaran dari anak-anak sampai orang tua. Saran dari penelitian ini adalah lebih memaksimalkan fungsi manajeman program pnf seperti penggerakkan, pembinaan, penilaian dan pengembangan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan, Pendidikan Anak dan Kursus |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 14 Dec 2017 12:35 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 12:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28447 |
Actions (login required)
View Item |