STUDI DAMPAK PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM JAM BELAJAR SEKOLAH PAUD USIA 4-5 TAHUN (STUDI PAUD KARTIKA DI DESA MOJOAGUNG KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN)


Adhim Kurnia Alfiansah , 1201411091 (2016) STUDI DAMPAK PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM JAM BELAJAR SEKOLAH PAUD USIA 4-5 TAHUN (STUDI PAUD KARTIKA DI DESA MOJOAGUNG KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411091.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (859kB) | Preview

Abstract

Pendampingan pada saat jam belajar adalah wajar anak menangis dan minta ditunggui karena merasa tidak ada yang melindungi. Tetapi sering kali dijumpai anak yang ketergantungan dalam ditemani orang tua maupun pengasuhnya dalam jam belajar. Hal ini akan memiliki dampak yang kurang baik, karena dapat menghambat perkembangan mental anak dalam belajar pada anak usia 4-5 tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, faktor yang mempengaruhi anak didampingi dalam jam belajar PAUD 4-5 tahun dan bagaimana dampak pendampingan orang tua dalam jam belajar PAUD 4-5 tahun.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pendampingan orang tua dalam jam belajar PAUD 4-5 tahun dan faktor yang mempengaruhi anak didampingi dalam jam belajar PAUD 4-5 tahun Metode dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif . Subyek penelitianadalah 3 orang tua yang mendampingi anak dalam jam belajar PAUD usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak pendampingan orang tua terhadap anak dalam jam belajar PAUD memiliki 3 faktor, yaitu kasih sayang yang berlebihan terhadap anak, kebutuhan khusus anak yang mengharuskan anak didampingi, dan dampak dari pendampingan diketahui 3 dampak yaitu aspek sosial yang kurang baik terhambatnya emosional anak, terhambatnya motorik anak, terhambatnya aspek social anak. Pola pengasuhan permisif yang cenderung memberikan kasih sayang yang berlebih (memanjakan anak) serta kekhawatiran terhadap anak (overorotective), akibatnya anak merasa terikat dan kurang berkesempatan untuk belajar selayaknya anak usia 4-5 tahun pada umumnya, yang akhirnya menghambatperkembangan emosional,motorik,dansosialanak.Faktor yang mempengaruhi anak ingin selalu didampingi, ada 3, a) Kasih sayang yang berlebihan b) kebutuhan khusus anak(manja) c) aspek sosial anak yang kurang baik. Orang tua cenderung menggunakan pola pengasuhan yang kurang tepat karena kurang mengetahu apa yang sebenarnya dibutuhkan anak, sehingga diharapkan kepada para orang tua menerapkan pola pengasuhan secara tepat dengan mengidentifikasi kebutuhan anak.Perkembangan anak harus selalu diperhatikan dan didorong, dorongan tersebut tidak harus berupa kasih sayang yang berlebih, karena ketegasan itu perlu untuk merangsang anak supaya dapat mengetahui dan memahami mana yang benar dan salah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dampak Pendampingan Orang Tua, Faktor Pendampingan, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 14 Dec 2017 12:35
Last Modified: 14 Dec 2017 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28443

Actions (login required)

View Item View Item