PENGGUNAAN ALAT BERMAIN KONSEP BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI BINA KELUARGA BALITA PAUD MAWAR V KOTA SALATIGA


Ade Sofyan , 1201411069 (2016) PENGGUNAAN ALAT BERMAIN KONSEP BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI BINA KELUARGA BALITA PAUD MAWAR V KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411069.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (852kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Untuk mendeskripsikan penggunaan alat bermain konsep bilangan dalam pembelajaran anak usia dini di Bina Keluarga Balita PAUD Mawar V kota salatiga; (2) Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penghambat pendidik paud dalam penggunaan alat bermain konsep bilangan dalam pembelajaran anak usia dini di Bina Keluarga Balita PAUD Mawar V kota Salatiga. Metode dalam pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penganalisisan data yang digunakan meliputi: (1) pengumpulan data; (2) Reduksi data; (3) Display data; (4) Penarikan kesimpulan dan verivikasi. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini antara lain efektifitas penggunaan waktu, observasi intensif, triangulasi data, dan pengecekan anggota. Hasil penelitian menunjukan : (1) Penggunaan alat bermain konsep bilangan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengelompokan benda yang sama dan sejenis dengan menggunakan angka, menyebutkan konsep bilangan 1 sampai 10, (2) Hambatannya adalah peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mengenal dan menghafal angka, tidak mengingat urutan angka, ego peserta didik yang masih tinggi, sulit menghafal permainan baru, alat bermain yang kurang memadai. Kesimpulannya Penggunaan alat bermain konsep bilangan memudahkan pendidik untuk memberikan pelajaran terhadap anak dan mudah diserap oleh peserta didik dalam memperoleh pembelajaran, dalam pelaksanaannya peserta didik sulit dalam melakukan permainan karena belum mengetahui permainan yang dilaksanakan. Saran untuk mempermudah anak dalam proses pembelajaran (1) Dalam ruang kelas ditambahkan gambar-gambar agar dapat dijadikan media untuk pembelajaran, (2) Untuk lebih mendekatkan diri kepada anak, pendidik perlu menguasai ilmu perkembangan jiwa, (3) Anak dibebaskan berkreasi dalam hal menghafal angka tetapi dalam koridor yang baik dan benar, (4) Untuk alat bermain konsep bilangan bisa mencari menggunakan alat yang lebih sederhana untuk menghemat biaya, (5) ditanamkan rasa memiliki alat bermain agar pendidik dan peserta didik menjaga dan merawat dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Alat Bermain, Pembelajaran Anak Usia Dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 14 Dec 2017 12:35
Last Modified: 14 Dec 2017 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28441

Actions (login required)

View Item View Item