MODEL KEPEMIMPINAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DALAM MENGELOLA PROGRAM-PROGRAM YANG DIKELOLANYA (STUDI PADA LKP JENGGALA COURSE JEPARA)


MUHAMMAD AINUR ROFIQ , 1201411066 (2016) MODEL KEPEMIMPINAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DALAM MENGELOLA PROGRAM-PROGRAM YANG DIKELOLANYA (STUDI PADA LKP JENGGALA COURSE JEPARA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411066.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan lembaga pendidikan nonformal khususnya Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sangat berperan penting dalam mengembangkan kemampuan kecakapan hidup (Life Skill) sebagai bekal mencari ataupun menciptakan lapangan pekerjaan. Terdapat 72 LKP yang berdiri di Jepara, hal tersebut membuat adanya pengelolaan terhadap lembaga dan program yang dijalankan menjadi sangat penting agar lembaganya mampu berkembang, maka dari itu Model Kepemimpinan yang digunakan menjadi inti utama dalam pengelolaan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana model kepemimpinan yang relevan digunakan dalam mengelola program-program yang dijalankan di LKP Jenggala Course; (2) Bagaimana upaya pimpinan lembaga dalam mengelola LKP Jenggala Course; (3) Apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam pengelolaan program LKP Jenggala Course. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di 4 tempat yaitu LKP Jenggala Pusat, LKP Jenggala cabang Kalinyamatan, LKP Jenggala cabang Bangsri, dan LKP Jenggala cabang Keling. Subjek penelitian adalah 4 orang staff administratif LKP Jenggala pusat dan cabang, dan 1 orang Pimpinan LKP jenggala. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, data dan teori. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pimpinan LKP Jenggala Course dalam mengelola program menggunakan beberapa model kepemimpinan dalam melakukan pengelolaan program, yaitu model kepemimpinan Partisipatif, Demokratis, dan Otokratis dengan Gaya Otokratis Bijak. Model kepemimpinan yang dominan dipakai oleh pimpinan adalah model kepemimpinan partisipatif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada LKP Jenggala Course agar pengelolaan lembaga yang berada di cabang lebih di tingkatkan dan menambah link kerja sama dengan pihak lain. Bagi Pemerintah hendaknya menambah Program Kecakapan Hidup (PKH) dengan program yang sedang dibutuhkan masyarakat untuk membantu mengurangi angka penganguran dan meningkatkan kecakapan hidup masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Kepemimpinan, Pengelolaan Program, Lembaga Kursus
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 14 Dec 2017 12:35
Last Modified: 14 Dec 2017 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28440

Actions (login required)

View Item View Item