POLA ASUH KELUARGA DALAM MEMBIMBING PERILAKU SOSIAL ANAK (Studi Kasus Pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia di Desa Tamangede Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal)


M. Fatchur Rizal , 1201411063 (2016) POLA ASUH KELUARGA DALAM MEMBIMBING PERILAKU SOSIAL ANAK (Studi Kasus Pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia di Desa Tamangede Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411063.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (648kB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan pusat pendidikan bagi anak, peran orangtua dalam membimbing anak sangatlah penting. Faktor ekonomi yang menghambat akan adanya interaksi dari orangtua kepada anak, memaksa orangtua harus mencari rezeki ke negara seberang. Pendelagasian kepada orang lain yang bertugas menggantikan peran serta tanggung jawab dari orangtua asli yang selanjutnya disebut wali, tentu akan beda cara dan manfaat yang dirasakan oleh anak. Oleh karena itu, diperlukan pola asuh yang tepat dari wali dalam menanamkan perilaku sosial yang baik kepada anak. Permasalahan pada penelitian ini tentang bagaimana keluarga dalam membimbing perilaku sosial anak, pola asuh yang dilakukan oleh keluarga dalam membimbing perilaku sosial anak, serta kendala keluarga dalam membimbing perilaku sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran keluarga dalam membimbing perilaku sosial anak, mendeskrisikan pola asuh keluarga dalam membimbing perliaku sosial anak dan mendiskripsikan kendala keluarga dalam membimbing perilaku sosial anak. Penelitian dilakukan di Desa Tamangede Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 3 wali dari keluarga Tenaga Kerja Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan dara digunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membimbing perilaku sosial anak, keluarga selalu memberikan arahan dan nasihat dan contoh yang baik kepada anak, pola asuh yang dilakukan oleh keluarga adalah dengan menerapkan pola asuh demokratis dan otoriter. Kendala yang dihadapi keluarga dalam membimbing perilaku sosial anak antara lain kendala intern dan kendala ekstern. Dalam hal menerapkan perilaku sosial kepada anak, wali maupun keluarga selalu memberikan arahan nasihat dan contoh yang baik kepada anak agar faktor-faktor interaksi sosial tercipta karena lingkungan anak yang selalu memberikan contoh yang baik. Dalam pola asuh yang diterapkan wali (pengasuh) memberikannya pola asuh yang sesuai dengan kebutuhan situasi dan kondisi yang ada pada anak saat ini. Kendala yang ada dalam membimbing anak, wali bersikap sabar dan jangan mudah terpancing amarah, pengawasan yang ditingkatkan serta pengetahuan wali akan teknologi yang ada juga harus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Keluarga, Perilaku Sosial Anak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 14 Dec 2017 12:35
Last Modified: 14 Dec 2017 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28439

Actions (login required)

View Item View Item