PROFESIONALITAS TUTOR DALAM MENYELENGGARAKAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Studi Kasus di SKB Kota Semarang)


Dedy Saputra , 1201411035 (2016) PROFESIONALITAS TUTOR DALAM MENYELENGGARAKAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Studi Kasus di SKB Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (597kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan faktor penting dalam membentuk karakter manusia dan pribadi manusia. Karena dengan adanya pendidikan menjadikan manusia lebih berkualitas. Pendidikan selalu berkaitan dengan adanya guru, semakin tinggi keprofesionalitas guru semakin baik mutu dari pendidikan tersebut. Maka dari itu sangatlah penting untuk guru atau tutor untuk terus meningkatkan keprofesionalitasnya guna menciptakan generasi-generasi muda yang unggul dan berkualiatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana tutor dalam merencanakan program kesetaraan, kedua memahami tutor dalam melaksanakan program kesetaraan dan memahami tutor tentang bagaimana menilai program kesetaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Subjek penelitian yang menjadi sumber data adalah tutor dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian ini, keprofesionalitas tutor dalam menyelenggarakan program kesetaraan bisa dikatakan sudah baik. Karena tutor sudah memiliki semua kompetensi yang harus dikuasai seorang pendidik, terkhusus kompetensi pedagogik yang mengatur tentang bagaimana tutor merencanakan, melaksanakan dan menilai program pendidikan. Tidak hanya itu tutor juga sudah dapat berperan ganda dengan tidak hanya sebagai pendidik melainkan tutor juga menjadi orangtua kedua di sekolah yang membimbing dan memberikan nasehatnasehat kepada siswa. Dengan adanya hal tersebut dapat disimpulkan tutor sudah sesuai dengan standar kriteria tutor profesional, dimana tutor sudah memenuhi syarat-syarat menjadi pendidik yang profesional dan dapat membimbing siswa dengan baik. Semoga pendidik di indonesia semakin berkualitas dan bertanggung jawab sesuai dengan kewajibannya sebagai seorang pendidik. Terlebih untuk pendidikan nonformal semakin dikenal masyarakat dan menghasilkan tutor-tutor yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Profesionalitas, Tutor.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 18:34
Last Modified: 13 Dec 2017 18:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28435

Actions (login required)

View Item View Item