PROSES INTERNALISASI NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK DI DALAM KELUARGA BURUH TANI (Study Kasus pada Keluarga di Desa Tegalglagah RT 05 RW 07 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes)


HIFNI YANUAR ALFARISYI , 1201409017 (2016) PROSES INTERNALISASI NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK DI DALAM KELUARGA BURUH TANI (Study Kasus pada Keluarga di Desa Tegalglagah RT 05 RW 07 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201409017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (817kB) | Preview

Abstract

Sebagai sistem sosial terkecil, keluarga memiliki pengaruh luar biasa dalam hal pembentukan karakter suatu individu. Keluarga menjalankan peranannya sebagai suatu sistem sosial yang dapat membentuk karakter serta moral seorang anak dengan cara menanamkan nilai-nilai atau norma yang baik pada anak. Kemampuan untuk bersosialisasi mengaktualisasikan diri, berpendapat, hingga perilaku yang menyimpang. Maka dari itu orang tua ( ayah dan ibu ) mempunyai peranan sebagai tauladan pertama bagi pembentukan pribadi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara keluarga buruh tani menanamkan nilai moral pada anaknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara menanamkan nilai moral pada anak buruh tani dikeluarga buruh tani di desa Tegalglagah, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian 10 keluarga buruh tani. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dlam penelitian ini bersifat kualitatif yaitu dengan memberikan gambaran informasi masalah secara jelas, terperinci, dan mendalam sebagai penggunaan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada 10 keluarga buruh tani memiliki cara yang berbeda untuk menanamkan nilai moral pada anak-anaknya yaitu pola asuh otoriter, demokratis dan permisif. Namun dari hasil wawancara kesepuluh informan tidak didapatkan satupun informan yang menggunakan bentuk sosialisasi permisif tersebut. Kesimpulanya bahwa peran orang tua dalam proses sosialisasi khususnya dalam menanamkan nilai keagamaan terhadap anak sangat penting sebagai pembentukan kepribadian atau wtak anak serta sebagai pedoman agar dapat hidup secara positif aehingga dapat diterima dilingkungan keluarga dn masyarakat. Penerapan nilai-nilai agama pada anak sebaiknya sejak awal orang tua dan anak menciptakan kesepakatan bersama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anak buruh tani, keluarga buruh tani, proses internalisasi nilai-nilai moral.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 18:34
Last Modified: 13 Dec 2017 18:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28432

Actions (login required)

View Item View Item