PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH


HESKY ELMA IDEARI , 1102412109 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412109.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (399kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan, permasalahan dalam pembelajaran Sejarah selalu sama yakni belum adanya media pembelajaran pada mata pelajaran tersebut, siswa kurang antusias dengan pelajaran Sejarah dikarenakan terlalu banyak teori dan materi yang harus dihafal dan diingat sehingga menurunkan minat belajarnya. Padahal keefektifan dan efisiensi pembelajaran dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu kini guru dituntut untuk mampu menyediakan media pembelajaran yang variatif dan inovatif. Salah satunya adalah media pembelajaran video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Idonesia dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Idonesia di SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, model ini memiliki 5 tahap yaitu Analisis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Pati. Data penelitian diperoleh dari hasil uji coba alat dan penyebaran angket persepsi kepada siswa. Data hasil ujicoba dianalisis dengan menentukan validitas dan reabilitas, sedangkan data angket dianalisis dengan rumus persentase. Dari hasil validasi isi, tampilan, dan keefektifan produk oleh ahli materi sebesar 100% dan keefektifan media oleh ahli media sebesar 84,77% dinyatakan baik dan hasil produk dan keefektifan oleh peserta didik sebesar 89,16% dinyatakan sangat baik. Hasil uji efektifitas perhitungan diperoleh thitung= 11,11 dengan α = 5 % dan dk = (32-1) = 31 sehingga diperoleh dk = 2,042. Kriteria pengujian, Ho ditolak apabila thitung ≤ ttabel, karena hasil uji pre test post test tersebut menunjukkan thitung ≥ ttabel maka Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan rata-rata kemampuan pemahaman siswa mengenai materi proklamasi kemerdekaan Indonesia siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 3 Pati meningkat dengan bantuan media pembelajaran video animasi stop-motion. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dan dapat dijadikan sebagai variasi sarana pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa. Serta dapat sebagai bahan pembanding untuk menghasilkan media pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Video Animasi, Mata Pelajaran Sejarah
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 18:33
Last Modified: 13 Dec 2017 18:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28430

Actions (login required)

View Item View Item