PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS VISUAL BASIC FOR APPLICATION POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MATERI CORELDRAW X3 DI KELAS VII SMP KEBON DALEM SEMARANG


Sholichatun Aisyah Rahmawati , 1102412094 (2016) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS VISUAL BASIC FOR APPLICATION POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MATERI CORELDRAW X3 DI KELAS VII SMP KEBON DALEM SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (489kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar sebagai salah satu aspek dalam output pendidikan yang berhasil haruslah menunjukkan hasil yang baik dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal, namun kenyataanya masih banyak hasil belajar siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Hal ini juga dialami siswa kelas VII SMP Kebon Dalem Semarang yang masih rendah dalam penguasaan materi CorelDraw X3 mata pelajaran TIK. Hal ini disebabkan beberapa masalah dalam pembelajaran, termasuk dalam penyediaan bahan ajar modul cetak yang kurang diminati siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan satu bentuk bahan ajar berbentuk modul dengan inovasi yang lebih menarik untuk dipelajari siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Salah satu software yang dapat digunakan untuk menyusun modul dengan baik dan inovatif adalah VBA PowerPoint . Berdasarkan paparan tersebut, masalah penelitian ini adalah mengembangkan modul digital berbasis VBA PowerPoint materi CorelDraw X3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Kebon Dalem Semarang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan modul digital yang baik dan ideal dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah mempelajari materi CorelDraw X3 dengan bentuk modul digital. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Variabel dalam penelitian ini berupa pengembangan modul digital dan keefektifan modul digital yang diketahui dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian ini adalah dengan metode evaluative dan metode eksperimental one group pretest – post test design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes (wawancara, angket, dan observasi). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan pengembangan modul digital materi CorelDraw X3 dengan sepuluh langkah pengembangan berupa: 1) identifikasi potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi produk; 5) revisi desain; 6) uji coba skala kecil; 7) revisi produk tahap I; 8) uji coba skala luas; 9) revisi produk tahap II; 10) produk final dengan kriteria kelayakan dari tanggapan siswa adalah baik dan tanggapan dari guru adalah sangat baik . Selain itu, hasil penelitian ini menunjukan peningkatan hasil belajar materi CorelDraw X3 kelas VII SMP Kebon Dalem Semarang. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada pretest adalah 5,5% siswa tuntas dalam tes, sedangkan pada post test adalah 77,8% siswa tuntas dalam tes. Peningkatan hasil belajar siswa meningkat 72,3%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, kelayakan, modul digital, keefektifan
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 18:33
Last Modified: 13 Dec 2017 18:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28428

Actions (login required)

View Item View Item