PELAKSANAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KTSP KELAS V SD NEGERI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARAN


MUHAMAD SAMSUN ERFIN , 1401412325 (2016) PELAKSANAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KTSP KELAS V SD NEGERI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412325.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (467kB) | Preview

Abstract

Kondisi riil pelaksanaan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran IPS belum dilaksanakan secara optimal oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan kompetensi pedagogik dan kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran IPS berbasis KTSP kelas V SD Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan kompetensi pedagogik dan kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran IPS berbasis KTSP kelas V SD Negeri Kecamaan Gunungpati Kota Semarang. Manfaat penelitian ini dapat memberikan masukan untuk guru agar meningkatkan penguasaan kompetensi pedagogik yang dimilikinya. Penelitian dilaksanakan selama 2 kali observasi pada setiap guru kelas V di masing-masing sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis sebelum lapangan, analisis selama di lapangan (reduksi data, penyajian data, verifikasi), analisis setelah selesai di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran IPS berbasis KTSP kelas V SD Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 66,67%; (2) dalam pelaksanaan kompetensi pedagogik belum dilaksanakan secara optimal oleh guru; (3) kendala yang dihadapi guru meliputi : guru belum optimal dalam memahami perkembangan kognitif dan perilaku peserta didik, guru belum menggunakan metode yang bervariasi, guru belum menggunakan media pembelajaran secara optimal, dikarenakan guru kurang menguasai IT, dan juga kurangnya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran IPS. Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran IPS sudah baik, namun ada kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaannya. Saran bagi guru adalah melakukan pendekatan secara personal maupun klasikal terhadap peserta didik agar dapat memahami peserta didik secara mendalam dalam perkembangan kognitif dan perkembangan kepribadian peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, kompetensi pedagogik, KTSP, pelaksanaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:57
Last Modified: 09 May 2019 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28427

Actions (login required)

View Item View Item