STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG IPS BERBASIS KTSP SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


MUHARRAM ADRUCE NOOR , 1401412323 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG IPS BERBASIS KTSP SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412323.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (332kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti diperoleh informasi bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran IPS dilaksanakan dengan baik, akan tetapi terdapat hambatan sehingga hasil belajar IPS siswa kelas V SD rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan Strategi pembelajaran langsung yang digunakan guru kelas V dalam proses pembelajaran IPS berbaisi KTSP SD Negeri di Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Data penelitian diperoleh menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi di SD Negeri Tambakaji 01, SD Negeri Tambakaji 02, SD Negeri Tambakaji 03, SD Negeri Tambakaji 05, SD Negeri Wonosari 01, SD Negeri Wonosari 02 dan SD Negeri Wonosari 03. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran IPS berbasis KTSP termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini dapat dianalisis dari SDN Wonosari 03 mendapatkan nilai tertinggi 28 (100%) dengan kriteria sangat baik, SDN Tambakaji 01 dengan nilai 26 (92,85%) dengan kriteria sangat baik, SDN Tambakaji 03 dengan nilai 27 (96,42%) dengan kriteria sangat baik, SDN Tambakaji 03 dengan nilai 25 (89,29%) dengan kriteria sangat baik, SDN Tambakaji 05 dengan nilai 24 (85,72%), SDN Wonosari 01 dengan nilai 23 (82,15%) dengan kriteria sangat baik dan SDN Wonosari 02 dengan nilai 23 (82,15%) dengan kriteria sangat baik; 2) kendala dalam pelaksanaan strategi pembelajaran IPS berbasis KTSP di SDN Gugus Cakra adalah tingkat kecerdasan anak, materi IPS yang luas dan berkembang, keterbatasan sarana prasarana penunjang pelaksanaan pembelajaran dan penguasaan guru terhadap multistrategi yang kurang; 3) upaya guru untuk mengatasi kendala dalam strategi pembelajaran IPS berbaisi KTSP dengan melaksanakan proses pembelajaran yang mengutamakan keaktifan siswa dalam belajar; 4) guru menggunakan strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran IPS berbasis KTSP karena materi pelajaran IPS meluas dan berkembang. Kesimpulan yang diperoleh adalah guru menggunakan strategi pembelajatan langsung pada mata pelajaran IPS karena berbagai kendala terutama pada intelektualitas siswa dan materi IPS yang terlalu luas. Saran yang diharapkan adalah guru menggunakan berbagai strategi pembelajaran seperti strategi tidak langsung, strategi Interaktif, strategi empirik dan strategi mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, KTSP, Strategi Pembelajaran Langsung
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:57
Last Modified: 09 May 2019 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28426

Actions (login required)

View Item View Item