MODEL PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KTSP PADA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Bagas Kurnianto , 1401412322 (2016) MODEL PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KTSP PADA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412322.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Model PAIKEM dalam Pembelajaran IPS Berbasis KTSP di SD Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif Kualitatif. Data penelitian diperoleh menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi di SD Negeri Plalangan 01,SD Negeri Plalangan 02, SD Negeri Plalangan 03, SD Negeri Plalangan 04, SD Negeri Sumurrejo 01, dan SD Negeri Sumurrejo 02. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara umum seluruh sekolah telah melaksanakan Pembelajaran IPS dengan Model PAIKEM dengan baik. Hal ini dapat dilihat bahwa SD Negeri Sumurrejo 02 mendapatkan nilai tertinggi yang mencapai 25 (17,86%), SD Negeri Plalangan 01 mendapatkan nilai 22,5 (16,07%), SD Negeri Plalangan 04 dengan nilai 21 (15,00%), SD Negeri Sumurrejo 01 memperoleh 20 (14,29%), SD Negeri Plalangan 02 dengan nilai 20,5 (14,64%) dan SD Negeri Plalangan 03 mendapat nilai 18,5 (13,21%) ; 2) kendala dalam pelaksanaan Model PAIKEM oleh guru yaitu minimnya pendidikan dan latihan oleh guru serta kemampuan guru yang belum dapat memahami karakteristik belajar siswa; 3) upaya guru untuk mengatasi kendala dalam Model PAIKEM yaitu adanya pelatihan dan pendidikan guru untuk mendapatkan wawasan tentang model-model pembelajaran yang inovatif. Guru harus mampu membuat belajar aktif dan efektif serta menciptakan kondisi yang kreatif dan menyenangkan,; 4) Respon siswa terhadap Penggunaan Model PAIKEM dalam Pembelajaran IPS di SD Negeri Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati, siswa merasa senang, tertarik untuk mengikuti pelajaran dan lebih memahami materi perkembangan teknologi transportasi dan masalah sosial. Simpulan penelitian ini adalah Model PAIKEM dapat membuat siswa merasa senang belajar aktif dan efektif. Hal ini dapat dilihat ketika guru menggunakan model belajar PAIKEM, siswa lebih tertaik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Saran dalam penelitian ini adalah guru hendaknya melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan dan keefektifan belajar, sehingga siswa mampu kreatif, percaya diri, dan belajar lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; KTSP; Model PAIKEM; Pembelajaran Aktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:57
Last Modified: 09 May 2019 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28424

Actions (login required)

View Item View Item