PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI GUGUS BIMA KECAMATAN TEMBARAK KABUPATEN TEMANGGUNG


WAKHIDATUL ALFINIKMAH , 1401412315 (2016) PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI GUGUS BIMA KECAMATAN TEMBARAK KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412315.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (784kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah segala alat pembelajaran yang digunakan guru sebagai perantara untuk menyampaikan materi pelajaran. Namun pada kenyataannya, guru kurang optimal dalam menggunakan media pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media pembelajara IPS, bagaimanakah respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran oleh guru dan apa sajakah kendala yang di hadapi guru dalam penggunaan media pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan media dalam pembelajaran IPS, respon siswa terhadap penggunaan media dalam pembelajaran IPS dan kendala dalam penggunaan media yang digunakan oleh guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang bertujuan menggambarkan secara sistematik , akurat fakta dan karakteristik mengenai populasi atau bidang tertentu. Hasil penelitian dari lembar observasi dan angket yang telah diiisi oleh siswa akan diolah dengan analisis deskriptif persentase dan pemaparan hasil penelitian akan dijelaskan dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai guru menggunakan media pembelajaran dengan baik. Media pembelajaran yang digunakan yaitu media visual dan media audio visual. Dalam kegiatan pembelajaran secara umum guru melaksanakan pembelajaran IPS dengan baik. Kendala yang dihadapi guru terkait dengan pengadaan media yaitu keterbatasan waktu, tenaga dan biaya untuk menyediakan media yang tidak tersedia di sekolah. Berdasarkan angket yang dibagikan kepada siswa diketahui bahwa siswa lebih senang pembelajaran IPS dilaksanakan dengan menggunakan media karena materi pelajaran yang disampaikan oleh guru menjadi lebih jelas dan mudah dipahami. Simpulan dalam penelitian ini adalah guru telah mengunakan media dalam pembelajaran IPS dengan baik, kendala yang dihadapi guru terkait pengadaan media dan respon siswa lebih senang dalam pembelajaran IPS menggunakan media. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya guru memvariasi pembelajaran dengan menggunakan media, siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS dan sekolah hendaknya menyediakan media pembelajaran supaya kegiatan pembelajaran IPS lebih optimal sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, media, pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:55
Last Modified: 09 May 2019 14:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28420

Actions (login required)

View Item View Item