HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS MERBABU KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG
Merina Azizah Dwi Dayanti , 1401412312 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS MERBABU KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (349kB) | Preview |
Abstract
Kedisiplinan adalah sikap atau perilaku seseorang yang taat dan patuh terhadap peraturan yang ada dan dilakukan karena adanya kesadaran diri yang timbul pada diri seseorang sehingga terciptalah ketertiban dan keteraturan dalam bersikap. Kedisiplinan merupakan salah satu faktor dalam keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kedisiplinan siswa, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa, dan (3) menguji hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Merbabu Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Merbabu Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung sebanyak 196 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling yang diperoleh jumlah sampel sebanyak 78 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Merbabu Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien korelasi antara variabel kedisiplinan dengan hasil belajar rxy (α)= 0,05 sebesar 0,707 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Merbabu Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Saran dalam penelitian ini yaitu untuk siswa hendaknya memperhatikan sikap disiplinnya di rumah maupun di sekolah supaya hasil belajarnya lebih baik lagi, bagi orang tua hendaknya menerapkan dan mengajarkan sikap disiplin dirumah serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kedisiplinan, bagi guru harus memperhatikan kedisiplinan siswanya di dalam kelas maupun di luar kelas karena dengan adanya sikap disiplin maka proses belajar mengajar akan lebih optimal dan hasil belajarpun akan lebih baik, bagi sekolah harus memperhatikan peraturan tata tertib yang ada di sekolah supaya bisa menjadi pedoman bagi siswa dalam berperilaku.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, kedisiplinan siswa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 May 2019 14:54 |
Last Modified: | 09 May 2019 14:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28416 |
Actions (login required)
View Item |