EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN AKHLAK DI SD IT LOGARITMA KARANGANYAR (FULL DAY SCHOOL) KELAS TIGA TAHUN 2016


Laelatul Tohiroh , 1102412015 (2016) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN AKHLAK DI SD IT LOGARITMA KARANGANYAR (FULL DAY SCHOOL) KELAS TIGA TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada program pendidikan akhlak yang ada di SD IT Logaritma Karanganyar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan akhlak di SD IT Logaritma Karanganyar (Full Day School) pada kelas tiga. Evaluasi program difokuskan pada tiga aspek yaitu aspek perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD IT Logaritma Karanganyar, guru kelas tiga, orang tua siswa kelas tiga, dan siswa kelas tiga. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, display data, dan verifikasi data/penyimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) perencanaan program pendidikan akhlak di SD IT Logaritma Karanganyar (Full Day School) pada kelas tiga sudah cukup baik, dinilai dari terpenuhinya indikator keberhasilan pada komponen-komponen perencanaan yang terdiri dari relevansi tujuan pendidikan akhlak, kualifikasi sumber daya manusia, manajemen kurikulum, dan ketersediaan sarana prasarana. Komponen yang masih kurang optimal yaitu sumber daya manusia karena masih banyak guru yang belum memenuhi kualifikasi minimal sebagai pendidik di tingkat sekolah dasar. Ketersediaan sarana prasarana juga kurang memadai, di antaranya belum terdapat perpustakaan; (2) pelaksanaan program pendidikan akhlak di SD IT Logaritma Karanganyar (Full Day School) pada kelas tiga sudah diitegrasikan dengan baik ke semua kegiatan pembelajaran di sekolah baik di dalam kelas maupun di luar kelas, guru sudah mampu melaksanakan pembelajaran pendidikan akhlak dengan baik mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran. Penanaman nilai-nilai akhlak mulia yang meliputi sikap religius, jujur, tanggung jawab, sopan santun, dan cinta lingkungan dilakukan dengan metode pemberian teladan, pembiasaan, pendisiplinan, hadiah dan hukuman; (3) hasil program pendidikan akhlak pada kelas tiga yang difokuskan pada lima sikap mulia yaitu religius, jujur, tanggung jawab, sopan santun, dan cinta lingkungan sudah sesuai tujuan pendidikan akhlak. Siswa sudah mampu menerapkan sikap religius dalam kehidupan sehari-hari seperti melaksanakan ibadah, berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas, dan mengucap salam. Siswa juga sudah mampu menerapkan sikap tanggung jawab di sekolah seperti mengerjakan tugas dan mematuhi peraturan. Sikap sopan santun ditunjukkan oleh siswa melalui sikap menghormati guru dan warga sekolah serta saling menghargai. Sedangkan, untuk sikap jujur dan sikap cinta lingkungan, sebagian siswa sudah mampu menerapkannya seperti tidak menyontek dan membuang sampah di tempatnya, tetapi masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pendidikan Akhlak, SD IT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 14:52
Last Modified: 13 Dec 2017 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28413

Actions (login required)

View Item View Item