STUDI EVALUTIF PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TEMA CYCLING IS FUN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII-B SLB N SEMARANG


Khoerul Umam Kholis , 1102412079 (2016) STUDI EVALUTIF PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TEMA CYCLING IS FUN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII-B SLB N SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412079.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru kelas tunarungu di SLB N Semarang yang belum pernah menggunakan media video pembelajaran Bahasa Inggris di dalam pembelajaran kelasnya. Melaksanakan pembelajaran hanya dengan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran tidak dapat mewujudkan aktivitas belajar aktif serta menyenangkan oleh siswa. Metode ceramah tidak mampu memberikan contoh konkrit materi pembelajaran kepada siswa tunarungu. Hal ini menyebabkan materi pembelajaran kurang diserap secara optimal yang berimbas pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi penggunaan media video pembelajaran dengan tema Cycling is Fun terhadap aktivitas dan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa tunarungu di SLB N Semarang. Metode observasi berupa checklist dan wawancara digunakan untuk mengetahui aktivitas anak dan metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar anak.. Hasil penelitian bahwa media video pembelajaran 88% dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, 96% dapat memotivasi siswa belajar, 95% siswa dapat disiplin dalam mengikuti pembelajaran, 85% meningkatkan keaktifan siswa tunarungu dalam kelas. Penggunaan media video pembelajaran sangat efektif untuk menciptakan aktivitas belajar yang kondusif, menyenangkan, lebih konsentrasi serta mewujudkan pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga siswa tidak bosan dengan metode pembelajaran seperti biasa. Belum pernah menggunakan media video pada pembelajaran Bahasa Inggris menjadi daya tarik serta merangsang minat belajar para siswa tunarunugu sehingga lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Media video pembelajaran juga dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa tunarungu dengan rata-rata nilai kelas 84,43. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat, dengan terwujudnya aktivitas pembelajaran yang kondusif, menarik, bervariatif dan menyenangkan serta dapat mengoptimalkan hasil belajar siwa tunarungu. Ketuntasan belajar siswa juga dapat tercapai 100%, dengan seluruh siswa memperoleh nilai diatas KKM. Guru hendaknya mengikuti perkembangan teknologi dengan memanfaatkan media, fasilitas, serta selalu meng-upgrade kompetensi untuk mewujudkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Merangsang semangat belajar siswa, sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan serta memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, efektif, media, tunarungu, video pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 14:53
Last Modified: 13 Dec 2017 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28411

Actions (login required)

View Item View Item