PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING LET’S LEARN MENGGUNAKAN ANDROID TERHADAP KECAKAPAN BERBAHASA INGGRIS MATERI DESCRIPTIVE TEXT PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BAWANG


Reza Ardian , 1102412073 (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING LET’S LEARN MENGGUNAKAN ANDROID TERHADAP KECAKAPAN BERBAHASA INGGRIS MATERI DESCRIPTIVE TEXT PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BAWANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (340kB) | Preview

Abstract

Melalui pengamatan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Bawang, ditemukan masalah mengenai keberhasilan penyampaian pesan dalam proses pembelajaran. Hal itu disebabkan oleh rendahnya kecakapan berbahasa Inggris siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan media pembelajan yang efektif, fleksibel dan menyenangkan, sehingga siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, dalam ini adalah aplikasi mobile learning lets learn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan aplikasi lets learn, serta untuk mengetahui apakah penerapan aplikasi lets learn ini efektif untuk meningkatkan kecakapan berbahasa inggris siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi ini adalah metode penelitian Borg and Gall yang telah dimodifikasi Sukmadinata, dkk. Selain itu, untuk mengetahui keefektifan aplikasi terhadap kecakapan berbahsa inggris siswa, dilakukan uji coba dengan menggunakan metode Pre-Experimental Design – Pretest-Posttest One Controled Group Design. Hasil uji pengamatan keterampilan berbicara (speaking) menunjukan angka sebesar 73%, hasil uji n-gain menunjukan angka 0,3 dan hasil uji-t diperoleh ttabel sebesar 1,70. Sedangkan nilai thitung yang diperoleh sebesar 10,63648, maka dari itu thitung > ttabel, sehingga Ha diterima. Jadi kesimpulannya, penggunaan aplikasi lets learn dapat mengektifkan pembelajaran, hal itu ditandai dengan terjadinya komunikasi yang baik Antara guru dan siswa, tidak ada kesulitan bagi siswa dalam menerima materi dan pesan yang disampaikan guru. Saran bagi peneliti lain dalam mengembangkan aplikasi mobile learning adalah, untuk memperhatikan ukuran layar smartphone yang kecil, dan juga lebih memaksimalkan fasilitas Speech recognizing dan input text, sehingga kelemahan-kelemahan yang disebutkan peneliti dalam skripsi ini dapat diperbaiki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecakapan Berbahasa Inggris, Mobile learning, Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 14:53
Last Modified: 13 Dec 2017 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28410

Actions (login required)

View Item View Item