EVALUASI KEEFEKTIFAN DIKLAT PENINGKATAN KOMPETENSI ATAS KINERJA GURU SD DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD KOTA SEMARANG


Khusnul Karimah , 1102412066 (2016) EVALUASI KEEFEKTIFAN DIKLAT PENINGKATAN KOMPETENSI ATAS KINERJA GURU SD DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412066.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (461kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi administratif dan wawancara di LPMP Jawa Tengah diperoleh informasi bahwa belum ada evaluasi di lapangan terhadap sekolah atau guru yang mengikuti diklat, selama ini masih sebatas monitoring. Diklat yang diselenggarakan belum tentu mampu meningkatkan kompetensi guru seperti yang diharapkan. Ada perbedaan sikap pada semangat guru ketika mengikuti pelatihan dan ketika di sekolah. Sementara harapan dari pelatihan yang dilaksanakan adalah adanya perubahan pada kinerja guru yang lebih baik, meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Informasi dari sumber lain didapat bahwa masih ada beberapa guru yang telah mengikuti pelatihan tidak mengimplementasikan ilmu yang didapatkannya. Bertolak dari hal tersebut, maka diperlukan adanya suatu evaluasi terhadap program diklat untuk mengetahui bagaimana pencapaian tujuan diklat sehingga dapat diketahui apakah diklat tersebut efektif atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifkah diklat peningkatan kompetensi atas kinerja guru di beberapa SD Kota Semarang, implementasi hasil diklat dalam proses pembelajaran, dan implementasi hasil diklat kepada teman sejawat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber informasi adalah guru yang telah mengikuti diklat, kepala sekolah, dan teman sejawat guru dari beberapa SD di Kota Semarang yaitu SDIT Bina Insani, SD Islam P. Diponegoro, SD Labschool Unnes, SDIT Bina Amal, SDIT Al Firdaus, SD Islam Al Azhar 25, dan SDIT Cahaya Bangsa. Tenik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif melalui perhitungan deskriptif persentase dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa diklat peningkatan kompetensi efektif dalam meningkatkan kinerja guru di beberapa SD Kota Semarang. Implementasi hasil diklat dalam proses pembelajaran dilakukan dengan baik oleh guru yang telah mengikuti diklat dengan perolehan persentase 79,86%. Implementasi hasil diklat kepada teman sejawat dilakukan melalui rapat guru atau rapat koordinasi dan sharing dengan baik pula dengan perolehan persentase 79,17%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar diklat peningkatan kompetensi perlu dipertahankan dan dilakukan secara kontinue setiap tahunnya sesuai kebutuhan guru, LPMP Jawa Tengah melakukan evaluasi secara menyeluruh, serta setiap sekolah memiliki forum khusus untuk penyampaian hasil diklat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan diklat, diklat peningkatan kompetensi, kinerja guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 14:52
Last Modified: 13 Dec 2017 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28408

Actions (login required)

View Item View Item