PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LEARNING OBJECT MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 SD NEGERI 09 PANGGANG JEPARA


Viky Arina Suryani , 1102412054 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LEARNING OBJECT MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 SD NEGERI 09 PANGGANG JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412054.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (274kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor siswa kesulitan untuk menghafalkan materi-materi penting mata pelajaran IPA yaitu perkembangan ilmu sains atau IPA yang sangat pesat. Selain itu, pada pembelajaran Kurikulum 2013 guru dituntut untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Hal tersebut dapat tercipta jika guru dapat berkreasi dalam menyampaikan materi di kelas, tidak hanya sekedar menggunakan metode konvensional yang mengharuskan murid untuk mendengarkan dan mencatat materi yang disampaikan. Berdasarkan fenomena tersebut melandasi peneliti untuk melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis Learning Object. Dari pengembangan media ini diharapkan dapat memberikan motivasi guru untuk mengembangkan media pembelajarannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas maupun pembelajaran mandiri siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari ahli atau pakar media dan materi, siswa kelas V SD, serta guru kelas SD. Hasil validasi dari ahli atau pakar media dan materi menunjukkan angka kategori valid dan layak digunakan di lapangan. Hasil penelitian media pembelajaran interaktif berbasis Learning Object kategori multimedia menunjukkan angka sebesar 85.36% atau dalam kriteria baik, kategori desain antar muka (User Interface Design) menunjukkan angka sebesar 83,57% dalam kriteria baik, serta kategori konten dan feedback yang juga menunjukkan kriteria baik yaitu sebesar 86,15%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media dilakukan dari menentukan tema materi melalui analisis kurikulum, analisis kebutuhan media, garis besar media, jabaran materi, naskah dan pengembangan produk. Media pembelajaran layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas dengan hasil rata-rata uji kelayakan sebesar 91,43%. Media pembelajaran ini dapat dikembangkan dengan materi lain, serta dapat lebih dikembangkan dengan beberapa perbaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Learning Object (LO), Media Pembelajaran Interaktif, Pengembangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 14:52
Last Modified: 13 Dec 2017 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28407

Actions (login required)

View Item View Item