IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS VIII TUNAGRAHITA SLB NEGERI BANJARNEGARA


Dyah Pawitra Arumsari , 1102412033 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS VIII TUNAGRAHITA SLB NEGERI BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (455kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi Kurikulum 2013 kelas VIII Tunagrahita di SLB Negeri Banjarnegara dilihat dari proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran, dan kendala yang dihadapi guru dalam implementasi kurikulum 2013 di kelas VIII tunagrahita. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif . Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis meliputi tiga prosedur yaitu: (1) reduksi, (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran di kelas VIII tunagrahita guru sudah menyiapkan RPP, media, dan metode pembelajaran di setiap pertemuan dan juga sudah membuat perencanaan kelengkapan administrasi diawal semester. (2) Pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII tunagrahita sudah dilaksanakan secara runtut. Namun guru masih mengalami kesulitan menggunakan pendekatan tematik, sedangkan pendekatan saintifik sudah diterapkan walaupun kurang maksimal karena faktor keterbatasan kemampuan siswa tunagrahita. (3) Evaluasi pembelajaran di kelas VIII tunagrahita dilakukan dengan menggunakan penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap dengan cara melakukan pengamatan kepada peserta didik, penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara pemberian pertanyaan secara lisan dan menilai dari ulangan harian, UTS dan ujian semester supaya guru dapat mengukur tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan. Selanjutnya penilaian keterampilan peserta didik guru menilai dari hasil keterampilan siswa dan tugas menceritakan di depan kelas setelah diberi contoh terlebih dahulu oleh guru. (4) Kendala dalam implementasi kurikulum 2013 kelas VIII tunagrahita di SLB Negeri Banjarnegara antara lain adalah kurangnya buku sumber pegangan guru dalam pembelajaran, selain hal tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII tunagrahita memiliki kendala. Kendala tersebut disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa yang tidak bisa dipaksakan dikarenakan rendahnya IQ pada siswa tunagrahita. Saran dalam penelitian ini adalah : (1) Berdasarkan penelitian ini hendaknya kepala sekolah dan pihak-pihak terkait seperti dinas pendidikan perlu mengadakan pelatihan yang diberika kepada guru secara menyeluruh sehingga dalam penyusunan renecana pelaksanaan pelmebelajaran guru tidak banyak mengalami kendala.(2) Guru hendaknya bisa lebih aktif dalam mencari informasi yang berkaitan dengan kurikulum 2013 khusunya pendekan tematik untuk anak berkebutuhan khusus.(3) Dinas pendidikan hendaknya mampu mengambil kebijakan untuk memberikan pelatihan secara signifikan kepada guru agar pemahaman guru lebih baik tentang implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran.(4) Pihak sekolah hendaknya menyediakan buku serta media pembelajaran yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementas, Kurikulum 2013 , SLB, Tunagrahita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 14:52
Last Modified: 13 Dec 2017 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28405

Actions (login required)

View Item View Item