PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS X DI SMK N 11 SEMARANG


Tri Lestari, 1102412032 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS X DI SMK N 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (337kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya di SMK N 11 Semarang menunjukan adanya kesulitan saat guru menyampaikan materi di dalam kelas. Karena kurangnya variasi media menyebabkan siswa merasa bosan saat pelajaran, perhatian siswa kurang terpusat, ada yang berbicara sendiri dengan temannya, ada yang bermain handphone, dan ada yang menundukkan kepalanya diatas meja sehiangga materi yang disampaikan oleh guru tidak dapat diterima dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi stop motion sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya dan untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran video animasi stop motion sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya di SMK N 11 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia 3 di SMK N 11 Semarang yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan deskreptif presentase dan uji t satu sampel untuk ketuntasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran video animasi stop motion pokok bahasan nilai estetis dalam karya seni rupa 3 dimensi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi oleh ahli materi yang memperoleh 92% dari aspek materi dan tujuan pembelajaran yang masuk dalam kategori sangat baik. Hasil penilaian ahli media dalam aspek efisiensi memperoleh 87,5%, aspek tampilan program 84%, aspek kualitas teknis dan keefektifan 84,5% yang masuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan dari penilaian siswa dalam aspek tampilan program dan keefektifan memperoleh hasil 94,2% yang juga masuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji efektifitas dengan menggunakan Uji t Satu Sampel didapati hasil bahwa pada α = 5 % dengan dk=36-1 = 35 diperoleh t tabel = 2,030. Didapat t hitung = 12,478 > ttabel = 2,030. Karena t hitung > ttabel maka hipotesis (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi stop motion layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya kelas X di SMK N 11 Semarang. Berdasarkan simpulan tersebut maka dapat disarankan bahwa media pembelajaran video animasi stop motion dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam mata pelajaran seni budaya pokok bahasan nilai estetis karya seni rupa 3 dimensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion, Mata Pelajaran Seni Budaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 14:52
Last Modified: 13 Dec 2017 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28404

Actions (login required)

View Item View Item