PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP BURNOUT YANG DIMEDIASI OLEH STRES PADA GURU TK DI KECAMATAN GUNUNGPATI


Ghia Mustika Pramudhita , 1511411013 (2015) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP BURNOUT YANG DIMEDIASI OLEH STRES PADA GURU TK DI KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511411013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (288kB) | Preview

Abstract

Self efficacy sangat diperlukan oleh seorang guru TK (Taman Kanak-kanak) karena dapat mempengaruhinya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan bidang akademik. Guru TK dengan self efficacy yang tinggi mampu mengelola stres akademik dengan mengarahkan mereka pada usaha penyelesaian masalah. Pentinganya self efficacy dalam menangani stres guru, secara tidak langsung juga berperan dalam meminimalisir timbulnya gejala burnout yang dapat terjadi pada guru TK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap burnout yang dimediasi oleh stres. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 60 guru TK yang belum bersertifikasi. Pengambilan sampel dalam penelitan ini menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala self efficacy berdasarkan aspek self efficacy dari Bandura, skala stres berdasarkan aspek stres dari Taylor dan skala burnout berdasarkan aspek burnout dari Maslach. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik statistik uji parsial dengan bantuan program software statistik. Dari semua instrumen variabel penelitian diperoleh bahwa seluruhnya reliabel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh self efficacy pada stres. Hasil juga menunjukkan terdapat pengaruh self efficacy dan stres pada burnout. Stres terbukti memediasi hubungan self efficacy pada burnout. Kesimpulan dari penelitian ini adalah self efficacy sangat berperan penting dalam mempengaruhi stres dan burnout. Hal ini menunjukkan bahwa untuk dapat menekan stres dan burnout, guru TK seharusnya memiliki self efficacy yang tinggi, akan tetapi yang terjadi adalah masih banyak guru TK yang memiliki self efficacy yang tergolong kurang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Stres, Burnout, Guru TK.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 13 Dec 2017 13:54
Last Modified: 13 Dec 2017 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28400

Actions (login required)

View Item View Item