PERBEDAAN SELF- REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA BIDIKMISI DAN NON BIDIKMISI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNNES


Singgih Dian Prakoso , 1511410030 (2016) PERBEDAAN SELF- REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA BIDIKMISI DAN NON BIDIKMISI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511410030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (202kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran baik tingkat dasar maupun lanjutan, regulasi diri dalam belajar (self-regulated learning) merupakan sebuah pendekatan yang penting. Self- regulated learning merupakan kombinasi ketrampilan belajar akademik dan pengendalian diri yang membuat pembelajaran terasa lebih mudah, sehingga para siswa lebih termotivasi dan menggarisbawahi pentingnya otonomi dan tanggung jawab pribadi dalam kegiatan belajar. Ada 2 macam mahasiswa yaitu mahasiswa bidikmisi dan mahasiswa non bidikmisi. Mahasiswa bidikmisi ialah mahasiswa yang tergolong berprestasi dan dari golongan yang tidak mampu secara ekonomi yang berkewajiban memperoleh prestasi yang baik seperti ipk minimal 3,00 tiap semester. Sehingga mahasiswa bidikmisi dituntut dapat memanage waktu dengan baik dalam hal akademik maupun akademik. Hal tersebut secara langsung berhubungan dengan bagaimana mengelola selfregulated learning dengan baik. Beda halnya dengan mahasiswa non bidikmisi yang tidak ada tuntutan dari pihak Universitas untuk mencapai prestasi yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2012 Fakultas Ilmu Pendidikan. Sampel sebanyak 140 mahasiswa. Teknik Sampilng yang digunakan yaitu proportional sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala self-regulated learning dengan jumlah aitem sebanyak 36 aitem. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan teknik independent sample t-test. Hasil penelitian diperoleh Self-Regulated Learning mahasiswa bidikmisi termasuk kategori tinggi. Aspek self-regulated learning tertinggi yang dicapai mahasiswa bidikmisi secara spesifik berada aspek perilaku, hal tersebut menunjukan mahasiswa bidikmisi dalam strategi belajarnya individu mampu mengontrol, meregulasi strategi belajarnya. Sedangkan mahasiswa non bidikmisi termasuk kategori sedang sampai tinggi. Apek self-regulated learning tertinggi yang dicapai mahasiswa non bidikmisi secara spesifik berada aspek kognisi, hal tersebut menunjukan mahasiswa non bidikmisi dalam strategi belajarnya individu mampu mengontrol kognisi dan proses belajarnya. Dalam hasil uji hipotesis menunjukan t=9,322 dengan taraf signifikansi 0,000 dimana signifikasni < 0,005. Hal ini berarti ada perbedaan self-regulated learning pada mahasiswa bidikmisi dan mahasiswa non bidikmisi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self-Regulated Learning,Mahasiswa, Bidikmisi,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 13 Dec 2017 13:15
Last Modified: 13 Dec 2017 13:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28394

Actions (login required)

View Item View Item