Pemanfaatan Media Permainan Kartu Angka dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika dalam Operasi Hitung Bilangan Cacah Di SD (Studi di Kelas II SD Negeri Girimargo 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen)

I Made Kusumawinata , 1102403036 (2009) Pemanfaatan Media Permainan Kartu Angka dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika dalam Operasi Hitung Bilangan Cacah Di SD (Studi di Kelas II SD Negeri Girimargo 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Pemanfaatan Media Permainan Kartu Angka dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika dalam Operasi Hitung Bilangan Cacah Di SD (Studi di Kelas II SD Negeri Girimargo 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen)) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, dewasa ini telah berkembang amat pesat, baik materi maupun kegunaannya. Salah satu tujuan pengajaran Matematika di SD menurut GBPP Matematika Sekolah Dasar (dalam Soedjadi, 2000:44) adalah menumbuhkembangkan keterampilan berhitung (menggunakan bilangan) sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai induk dari berbagai cabang ilmu yang lain pembelajaran Matematika harus dilaksanakan dengan baik, apalagi Matematika oleh sebagian besar siswa dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan momok, sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran Matematika. Guru harus menciptakan media pembelajaran yang menarik dan bisa membangkitkan minat siswa.Salah satunya yaitu dengan memperkenalkan kepada siswa berbagai macam alat permainan dalam kegiatan-kegiatan belajar. Cara belajar sambil bermain masih dibutuhkan pada sekolah dasar terutama di kelas rendah, karena di usia itu anak masih dalam usia bermain. Penerapan permainan sambil belajar ini diharapkan dapat membangkitkan minat anak didik untuk belajar Matematika. Salah satu teknik permainan dalam pembelajaran Matematika yaitu dengan memperkenalkan alat permainan kartu angka. Teknik permainan kartu angka dibuat dan dimainkan sendiri oleh siswa, sesuai tugas dari guru. Siswa saling mengambilkan kartu dengan teman semeja sesuai dengan perintah dari guru. Kemudian siswa mengerjakan soal sesuai dengan kartu yang mereka dapat sendiri-sendiri. Hurlock (1981) dalam Sugiyanto (1995:20), menjelaskan bahwa anak pada kelas II SD yang rata-rata berusia 6-8 tahun masuk dalam kategori tahap bermain (play stage). Sehingga dalam proses pembelajarannya akan sangat cocok apabila disertai tehnik-tehnik permainan. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika dan juga umtuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Matematika operasi hitung bilangan cacah melalui media permainan kartu angka pada kelas II SD Girimargo 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen tahun 2008/2009. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil penelitian ini diperoleh dari tindakan kelas pada siklus I dan tindakan kelas pada siklus II dan siklus III. Hasil penelitian ini terdiri dari hasil tes dan non tes. Hasil tes berupa hasil nilai belajar siswa setiap akhir siklus, yaitu siklus I, II dan III. Hasilnya kemudian dianalisa dan dijadikan tolok ukur keberhasilan setiap siklus. Sedangkan hasil non tes berupa data tentang aktivitas belajar guru dan siswa selama pembelajaran yang diperoleh melalui kegiatan observasi. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar individual siswa masih sangat rendah yaitu 25%, sedangkan persentase ketuntasan belajar kelas juga masih rendah yaitu 76%. Setelah dilakukan diskusi dan saran-saran perbaikan, nampak dalam tampilan siklus II ada perubahan-perubahan. Pada siklus II ini, persentase ketuntasan belajar individual siswa terendah mulai mengalami peningkatan yaitu menjadi 40%, sedangkan persentase ketuntasan belajar kelas meningkat hingga mencapai 82%. Namun siklus II ini masih dipandang belum berhasil, sehingga perlu diadakan pelaksanaan siklus III. Dalam pelaksanaan siklus III didapatkan bahwa nampak adanya perubahan kemampuan siswa dalam belajar. Pada siklus III ini persentase ketuntasan belajar individual siswa terendah yaitu 68%, sedangkan persentase ketuntasan belajar kelas mencapai 83%. Meningkatnya keaktifan siswa dan meningkatnya hasil prestasi siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dalam penjumlahan dan pengurangan dengan permainan kartu angka pada kelas II SD Negeri Girimargo 1 Miri telah berhasil. Namun dalam setiap pembelajarannya harus tetap didukung oleh kegiatan-kegiatan yang mampu meningkatkan aktifitas belajar siswa dikelas, seperti pemberian apersepsi dan motivasi serta penguatan pada siswa agar tetap giat belajar. Berdasarkan simpulan di atas, setelah diketahui bahwa dalam proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan media permainan, ternyata dapat membuat siswa lebih antusias dan tertarik, sehingga bisa mengatasi rasa bosan siswa terhadap mata pelajaran Matematika, maka disarankan; (1) Proses pembelajaran seperti ini hendaknya tetap dipertahankan, terutama di kelas-kelas rendah (2) Guru dalam mengajar hendaknya lebih memperhatikan gaya mengajar, karena dengan gaya mengajar guru yang lebih baik akan terjalin interaksi sosial dalam kelas secara baik pula, sehingga siswa lebih memperhatikan penjelasan dari guru dan tidak merasa tertekan dalam mengikuti proses belajar mengajar yang akhirnya siswa menjadi lebih aktif dalam belajar

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media, Media Permainan Kartu Angka, Prestasi Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika, Operasi Hitung, Bilangan Cacah.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 15 Jun 2011 22:36
    Last Modified: 15 Jun 2011 22:36

    Actions (login required)

    View Item