DAMPAK KULIT WAJAH BERJERAWAT TERHADAP RASA KEPERCAYAAN DIRI DALAM BIDANG PENAWARAN JASA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Anis Sofiana Taroreh , 5402411059 (2016) DAMPAK KULIT WAJAH BERJERAWAT TERHADAP RASA KEPERCAYAAN DIRI DALAM BIDANG PENAWARAN JASA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5402411059.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah kulit yang paling sering dialami para remaja salah satunya adalah jerawat. Perasaan tidak nyaman dan keresahan yang disebabkan jerawat dapat berpengaruh pada rasa kepercayaan diri. Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang sangat membutuhkan rasa kepercayaan diri yang tinggi untuk menawarkan jasanya sebagai orang yang mempelajari dan mempunyai ilmu dibidang kecantikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) dampak kulit wajah berjerawat terhadap rasa kepercayaan diri dalam bidang penawaran jasa mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Kecantikan; 2) seberapa besar dampak kulit wajah berjerawat terhadap rasa kepercayaan diri dalam bidang penawaran jasa mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Kecantikan. Populasi dalam penelitian ini seluruh Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang berjumlah 219 mahasiswa, dari angkatan 2011-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, berjumlah 39 mahasiswa yang mengalami masalah jerawat. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif persentase. Variabel yang dimaksud dalam penelitian ini adalah rasa kepercayaan diri terkait dalam bidang penawaran jasa Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang berkaitan dengan masalah jerawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa, secara umum mahasiswa yang mengalami masalah jerawat memiliki masalah kepercayaan diri dalam hal penawaran jasa yang berkaitan dengan kecantikan. Indeks persentasi dampak kulit wajah berjerawat terhadap rasa kepercayaan diri dalam bidang penawaran jasa mencapai 82,71%. Simpulan dari penelitian, dilihat dari perhitungan tiap indikator yang menyatakan 82,8% dari indikator pemikiran sebagai mahasiswa kecantikan, 66,7% dari indikator pemikiran Mengenai masalah Jerawat, 94,9% dari indikator sikap, 92,3% dari indikator berani tampil beda, 91,0% dari indikator berani menerima tantangan, 94,9% dari indikator asertif, 56,4% dari indikator mandiri, menyatakan bahwa jerawat berdampak pada rasa kepercayaan diri dalam bidang penawaran jasa mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang. Saran, sebaiknya mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan selalu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, memahami jenis-jenis kulit beserta cara perawatannya, dan lebih memahami kemampuannya dibidang kecantikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jerawat, Kepercayaan diri, Penawaran Jasa.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 13:54
Last Modified: 13 Dec 2017 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28381

Actions (login required)

View Item View Item