PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN KULIT WAJAH BERMASALAH SECARA MANUAL DI SMK N 1 PEKALONGAN


Mausa Agrevinna , 5402411030 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN KULIT WAJAH BERMASALAH SECARA MANUAL DI SMK N 1 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5402411030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru dalam membawakan pembelajaran belum menerapkan model-model pembelajaran yang memacu antusias siswa, dimungkinkan menjadi salah satu penyebab hasil belajar siswa belum memenuhi standar ketuntasan belajar. Peneliti berinisiatif menerapkan alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran berbasis proyek menuntut siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perawatan Wajah Bermasalah Secara Manual. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2015 di SMK N 1 Pekalongan. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan bentuk rancangan one-shot case study. Sampel diambil satu kelas menggunakan Sampling Jenuh. Hasil penelitian ini diuji melalui statistic uji “t”. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perawatan Wajah Bermasalah Secara Manual dapat diterima. Saran yang dapat diajukan adalah untuk meningkatkan hasil belajar, guru dapat mencoba menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, namun dalam pembelajaran berbasis proyek guru harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ketidakkondusifnya kelas yang disebabkan hidupnya diskusi dan pergerakan siswa dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar Siswa, Perawatan Wajah Bermasalah Secara Manual.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 12 Dec 2017 19:11
Last Modified: 12 Dec 2017 19:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28374

Actions (login required)

View Item View Item